Indonesia Terancam Kena Sanksi FIFA Akibat Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: Keputusan Apapun Kewenangan FIFA

| 05 Oct 2022 16:37
Indonesia Terancam Kena Sanksi FIFA Akibat Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: Keputusan Apapun Kewenangan FIFA
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Status Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-23 2023 terancam dicabut oleh FIFA, menyusul tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyerahkan seluruh keputusan tersebut kepada FIFA.

"Keputusan apapun adalah kewenangan FIFA," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Jokowi mengaku sudah menghubungi langsung Presiden FIFA Gianni Infantino untuk membahas tragedi Kanjuruhan dan penyelenggaraan Piala Dunia U-23 2023 pada Senin (3/10).

"Hari Senin malam saya telah bergabung langsung berbicara langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang dan juga berbicara mengenai FIFA under twenty (Piala Dunia U-20 2023), berbicara banyak," kata Jokowi.

Seperti diketahui, pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs Arema Malang pada Sabtu (1/10) malam berakhir menjadi tragedi. Berawal dari masuknya para supporter Arema Malang ke lapangan berujung pada sejumlah tembakan gas air mata oleh Polisi.

Celakanya, gas air mata itu ditembakkan ke arah tribun membuat puluhan ribu penonton kalang kabut. Akibatnya, ratusan nyawa tak tertolong.

Terkini, jumlah korban meninggal mencapai 131 dan membuat kejadian tragis itu di posisi kedua insiden sepak bola terburuk di dunia.

Rekomendasi