Peluang PDIP Gabung KIB, Golkar: Saat Sudah Matang Kita Sampaikan

| 20 Oct 2022 17:33
Peluang PDIP Gabung KIB, Golkar: Saat Sudah Matang Kita Sampaikan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (16/10/2022). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal peluang PDI Perjuangan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bersama PAN dan PPP. Namun dia tak mau membocorkan lebih rinci. Airlangga mengatakan, jika sudah benar-benar pasti, maka akan segera diumumkan.

"Nanti pada saat matang, kita sampaikan," kata Airlangga di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Adapun dalam pidatonya saat acara Konsolidasi Nasional dan Bimtek Fraksi Partai Golkar se-Indonesia dalam rangka HUT ke-58 Partai Golkar, Airlangga mengatakan bahwa partainya masih terus melakukan penjajakan dengan partai politik lainnya.

Tujuannya untuk memperbesar anggota KIB yang saat ini masih terdiri dari tiga partai saja.

"Saya dapat mengatakan bahwa ke depan, Partai Golkar masih menjalin komunikasi dengan berbagai partai untuk memperbesar koalisi kita," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, semakin banyak partai politik yang bergabung dengan KIB, maka peluang untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan semakin besar.

"Koalisi ini diperlukan untuk memenangkan pemilu presiden. Tidak ada satu partai yang bisa mengusung sendiri untuk Pilpres," kata Airlangga.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menggelar pertemuan dengan Airlangga di Monumen Nasional (Monas), Jakarta beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu merupakan rangkaian safari politik PDIP ke partai politik lainnya. Dalam pertemuan tersebut, Puan dan Airlangga membahas masalah politik, termasuk soal persiapan Pemilu 2024.

Diketahui, PDIP belum menentukan sikap soal Pemilu 2024.

Rekomendasi