Pembahasan Cawapres untuk Anies Masih Alot, NasDem-Demokrat-PKS Sepakat Deklarasi Koalisi Duluan

| 25 Oct 2022 17:14
Pembahasan Cawapres untuk Anies Masih Alot, NasDem-Demokrat-PKS Sepakat Deklarasi Koalisi Duluan
Anggota Partai pendukung Anies berkumpul (Dok. Istimewa)

ERA.id - Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pilih menyepakati untuk deklarasi koalisi terlebih dulu sebelum memutuskan calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebabnya, pembahasan cawapres antar ketiga ketiga partai tersebut masih alot, karena masing-masing memiliki usulan yang berbeda.

Kesepakatan itu merupakan keputusan bersama NasDem-Demokrat-PKS dalam pertemuan tim kecil di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022).

"Tadi sepakatnya itu, cawapres bisa menyusul setelah deklarasi. Begitu kesepakatannya," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya saat dihubungi wartawan usai pertemuan.

Menurut Willy, urusan cawapres masih bisa dibicarakan sambil koalisi berjalan. Sementara terkait dengan calon presiden (capres), tiga partai politik itu sudah sepakat mengusung Anies.

"Cawapres sambil berjalan. Yang penting adalah kita bersepakat capresnya kan selesai, Pak Anies, tinggal kemudian kita akan membahas, mendalami timing momentumnya," ucapnya.

Dalam pertemuan, masing-masing partai memiliki usulan yang berbeda-beda menyangkut cawapres untuk Anies. NasDem misalnya, lebih menginginkan Anies yang menunjuk calon wakil presiden.

Sementara Demokrat mengusulkan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Sedangkan PKS mengusulkan mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Meski begitu, Willy mengatakan, ketiga partai tersebut pun tak masalah apabila nantinya cawapres yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024 merupakan tokoh dari luar koalisi.

"No problem," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tim kecil Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS makin serius menggodok kriteria dan memilih calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Tim kecil tiga partai tersebut kembali mematangkan agenda mencari cawapres di kediaman mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022).

Pertemuan tim kecil itu dihadiri oleh Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya. Kemudian Waketum Benny K Harman dan Iftitah. Lalu, Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman, Ketua DPP Pipin Sofian, dan Juru Bicara PKS Muhammad Kholid. Sementara Anies Baswedan turut ditemani Sudirman Said.

Sementara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hariurti Yudhoyono (AHY) datang belakangan.

Rekomendasi