NasDem Bocorkan Piagam Deklarasi Koalisi Perubahan Sudah Rampung, Tinggal Tunggu Momentum

| 03 Feb 2023 22:35
NasDem Bocorkan Piagam Deklarasi Koalisi Perubahan Sudah Rampung, Tinggal Tunggu Momentum
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono dan jajaran perwakilan Partai NasDem, PKS dan Demokrat (Istimewa)

ERA.id - Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengungkapkan, piagam deklarasi Koalisi Perubahan sudah rampung dibahas oleh tim kecil yang berisi perwakilan dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

"Sudah selesai semua. Itukan fungsinya tim kecil, kami yang menyiapkan," kata Sugeng di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023).

Terkait dengan kapan deklarasi Koalisi Perubahan dilakukan, Sugeng mengatakan menunggu momentum yang tepat

"Tinggal kita cari momentum, hari, bulan, tanggal yang baik saja," Sugeng.

Meski begitu, dia tak bisa memastikan apakah deklarasi koalisi itu akan sekaligus menjadi momen mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sugeng menjelaskan, deklarasi pasangan calon, khususnya calon wakil presiden, masih dipertimbangkan oleh tim kecil. Sebab, hal itu merupakan bagian dari strategi politik 2024.

"Itu bagian yang akan kita hitung. Itu bagian menghitung strategi," kata Sugeng.

Terlebih, koalisi lainnya juga hingga detik ini bahkan belum mengumumkan siapa capres-cawapres yang akan diusung. Oleh karena itu, tim kecil bakal Koalisi Perubahan juga melihat peta politik.

"Mohon maaf, ini membuka dapur. Kenapa? Kita juga ingin tahu, siapa sih capres di tempat lain, pasangannya siapa, deklarasi kapan," ucapnya.

Seperti diketahui, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS sepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Ketiganya juga sepakat untuk menyerahkan keputusan kepada Anies untuk memilih calon wakil presiden.

Rekomendasi