Progres Pembangunan Infrastruktur IKN Semakin Baik, Jokowi Optimis 2024 Bisa 'Agustusan' di Tempat Baru

| 25 Oct 2022 19:41
Progres Pembangunan Infrastruktur IKN Semakin Baik, Jokowi Optimis 2024 Bisa 'Agustusan' di Tempat Baru
Presiden RI Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menilai progres pembangunan infrastruktur di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah berjalan baik. Adapun infrastruktur yang sedang dibangun antara lain gedung pemerintahan, pembangunan bendungan, pengembangan lahan, hingga akses jalan.

Hal itu disampaikan Jokowi di sela-sela kunjungannya ke kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022).

"Land development untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," kata Jokowi melalui keterangan tertulis.

Menurutnya, progres pembangunan secara keseluruhan baru bisa dilihat pada Januari mendatang. Nantinya, selain gedung pemerintahan juga akan ada bangunan untuk sektor-sektor privat.

Progres pusat perekonomian baru juga akan terlihat tahun depam, sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN dapat terus berjalan dengan baik.

"Nanti bisa kita lihat di bulan Januari insya Allah kalau bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah, tetapi private sector, sektor swasta, investor, PPP (public private partnership) sudah pada masuk dan mulai," ucapnya.

"Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Melihat berbagai progres tersebut, Jokowi pun optimistis upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang dapat digelar di IKN.

"Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insya  Allah bisa, harus optimistis," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan menggunakan jalur laut saat melakukan kunjungan kerja ke IKN. Jalur tersebut akan menjadi wilayah transportasi logistik ke IKN. Dia bilang, pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," pungkasnya.

Rekomendasi