Imigrasi Bandara Soetta Siapkan Ratusan Petugas dan Fasilitas Khusus Sambut Kedatangan Delegasi G20

| 27 Oct 2022 17:35
Imigrasi Bandara Soetta Siapkan Ratusan Petugas dan Fasilitas Khusus Sambut Kedatangan Delegasi G20
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang. (Muhammad Iqbal/ ERA)

ERA.id - Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan ratusan petugas dan menghadirkan berbagai fasilitas khusus untuk menyambut dan memperlancar kedatangan delegasi G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

"Semuanya sudah disiapkan. Ada 250 petugas pemeriksa di konter, dari total itu sudah termasuk petugas yang akan standby secara bergantian di lounge dan konter khusus delegasi G20," ucap Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, Kamis (26/10/2022).

Tito menuturkan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas khusus bagi delegasi G20 dan jurnalis yang akan meliput. Fasilitas khusus tersebut antara lain lounge VVIP khusus untuk delegasi setingkat menteri.

"Lounge G20 khusus untuk delegasi tingkat di bawah menteri dengan pemeriksaan imigrasi yang terintegrasi dengan layanan Bea Cukai dan KKP, konter khusus G20 di area imigrasi," jelasnya.

Tito menjelaskan pada tiga pekan menjelang KTT G20 di Bali, ratusan delegasi dari berbagai negara mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Menurut Tito, delegasi G20 sudah mulai masuk ke Indonesia sejak awal 2022.

"Jumlah delegasi yang datang per harinya pun sangat bervariatif, dalam tiga bulan terakhir setidaknya lebih dari seratus delegasi telah tiba di Indonesia melalui tempat pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta," jelasnya.

Berdasarkan data TPI Bandara Soekarno-Hatta, jumlah kedatangan delegasi G20 melalui Bandara Soekarno-Hatta sejak Desember 2021 hingga 25 Oktober 2022 tercatat 388 orang. Mereka datang dari berbagai negara seperti Jepang, Brasil, Korea Selatan dan Afrika Selatan.

Rekomendasi