Bertemu Joe Biden di Bali, Jokowi Harap KTT G20 Hasilkan Kerja Sama Konkret RI-AS

| 14 Nov 2022 15:28
Bertemu Joe Biden di Bali, Jokowi Harap KTT G20 Hasilkan Kerja Sama Konkret RI-AS
Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Bidan di Bali, Senin (14/11/2022).

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Biden di Indonesia, khususnya Bali untuk megikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15- 16 November 2022.

"Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia," kata Jokowi.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kehadirian Presiden Biden, dan besok kita akan memulai melakukan KTT G20," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap, KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama yang konkret antar negara-negara, termasuk Indonesia-Amerika Serikat.

Kerja sama itu juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi pemulihan ekonomi global.

"Saya berharap, KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pertemuan bilateral dua kepala negara itu berlangsung santai. Jokowi juga sempat tertawa saat berbincang dengan rekannya itu.

Untuk diketahui, KTT G20 akan dimulai pada 15 hingga 16 November 2022 di Bali. Sejumlah kepala negara dan delegasi anggota G20 sudah mulai berdatangan ke Pulau Dewata.

Selain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, telah hadir pula di Tanah Air yaitu Presiden China Xi Jinping.

Diperkirakan akan ada 17 kepala negara yang akan menghadiri KTT G20. Sementara ada tiga kepala negara yang absen yaitu Presiden Rusi Vladimir Putin, Presiden terpilih Brazil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Rekomendasi