Tutup Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Wapres Berpesan Jaga Persatuan Jelang Pemilu: Bagimu Capresmu, Bagiku Capresku

| 21 Nov 2022 09:16
Tutup Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Wapres Berpesan Jaga Persatuan Jelang Pemilu: Bagimu Capresmu, Bagiku Capresku
Wapres Ma'ruf Amin menutup Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Minggu (20/11/2022). (Dok. panitia Muktamar Muhammadiyah)

ERA.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menutup acara Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Minggu (20/11/2022). Dalam penutupan ini Ma'ruf Amin berpesan agar Muhammadiyah menjaga persatuan bangsa di masa menjelang Pemilu 2024.

Penutupan acara ini dilakukan secara simbolis dengan memukul gong di atas panggung utama bersama Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti terpilih.

Ma'ruf berpesan agar dalam Pemilu 2024 mendatang tidak mengoyak persatuan dan kesatuan bangsa. "Jangan sampai perbedaan partai, perbedaan capres, sebaiknya tidak membelah keutuhan bangsa ini," katanya.

Ia juga membuat gurauan dari ayat Qur'an 'lakum dinukum waliyadin'. Ia berharap dalam Pemilu nanti baik Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Legislatif tidak memecah persatuan.

"Lakum capresukum, walana capresuna 'atau bagimu capresmu dan bagiku capresku harus dipegang untuk persatuan. Karena persatuan dan kesatuan menjadi modal utama untuk memenangkan pertarungan," ujarnya yang kemudian diikuti gelak tawa dan tepukan riuh dari tamu undangan yang hadir.

Untuk itu ia meminta semua pihak merawat persatuan dan kesatuan. Ia tidak ingin Pemilu 2024 akan menjadikan warga terpecah belah dengan perbedaan pilihan.

"Mari kita rawat bersama dengan senantiasa mengedepankan ukhuwah islamiah, ukhuwah watoniah, dan ukhuwah insaniah, dalam interaksi sosial kita," katanya.

Rekomendasi