Pimpinan DPR soal Surpres Pengganti Panglima TNI: Belum Kami Terima, Mudah-mudahan Dikirim Pekan ini

| 23 Nov 2022 15:22
Pimpinan DPR soal Surpres Pengganti Panglima TNI: Belum Kami Terima, Mudah-mudahan Dikirim Pekan ini
DPR (Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengaku belum menerima surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. DPR masih menunggu dan berharap Surpres itu segera dikirimkan pada pekan ini.

"Sampai hari ini itu Surpres dari presiden belum kita terima, tapi mudah-mudahan Minggu ini itu sudah masuk ke DPR," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Dasco tidak mengetahui detail kapan Surpres itu akan dikirim pemerintah ke DPR. Dia mengatakan DPR sifatnya hanya menunggu dan berharap Surpres itu masuk di pekan ini agar dapat segera diproses sesuai mekanisme yang berlaku.

"Makanya saya bilang sampai sekarang belum, tapi insya Allah dalam Minggu ini mudah-mudahan sudah masuk. Minggu ini kan bisa besok, bisa lusa, bisa juga hari ini sih," kata Dasco.

Terkait siapa pengganti Andika Perkasa, Dasco mengaku tidak mengetahuinya. Politikus Gerindra ini mengatakan nama pengganti Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan Surpres terkait dengan nama calon Panglima TNI akan dikirim ke DPR pada hari ini (23/11/2022).

"Kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR Surpresnya," jelas Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu.

Mengenai siapa sosok yang akan menggantikan Andika Perkasa, Pratikno enggan menjelaskan lebih rinci.

"Nanti dari DPR lah yang menyampaikan," kata dia.

Rekomendasi