DPR Belum Terima Surpres Calon Panglima TNI, tapi Pastikan Fit and Proper Test Bakal Dilakukan Sebelum Reses

| 23 Nov 2022 14:33
DPR Belum Terima Surpres Calon Panglima TNI, tapi Pastikan Fit and Proper Test Bakal Dilakukan Sebelum Reses
Sufmi Dasco (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengaku belum mengetahui kapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan Surat Presiden (surpres) terkait nama pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia memastikan sampai hari ini surpres tersebut belum diterima.

"Sampai hari ini itu surpres dari presiden belum kita terima, tapi mudah-mudahan minggu ini sudah masuk ke DPR," Dasco di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Ia memastikan bila surpres sudah diterima DPR maka akan diproses sesuai mekanisme dengan waktu yang cepat. Ia memperkirakan surpres masuk hari ini atau paling tidak pekan ini. Lalu DPR akan mengelar fit and proper test terhadap calon pengganti Panglima TNI di masa sidang ini, atau sebelum memasuki masa reses pada pertengahan Desember 2022.

"Ya kemungkinan itu terbuka karena mengingat waktu yang kita mau reses ini kan tanggal 15 Desember sehingga kita akan upayakan proses-proses itu berjalan sampai sebelum kita reses," kata Dasco.

Terpisah, Ketua Komisi I DPR fraksi Golkar, Meutya Hafid enggan menyebut nama calon Panglima TNI yang diusulkan pemerintah. Meutya hanya mengatakan Komisi I DPR mengenal semua kandidat calon.

Senada dengan Dasco, politikus Golkar ini mengatakan Komisi I DPR masih memiliki waktu untuk melakukan fit and proper test terhadap calon Panglima TNI.

"Kalau surpres masuk hari ini, Komisi 1 DPR, Minggu depan siap fit and proper test," kata Meutya, Rabu.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan Surpres terkait dengan nama calon Panglima TNI telah dikirim ke DPR pada hari ini (23/11/2022).

"Kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR Surpresnya," jelas Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu.

Mengenai siapa sosok yang akan menggantikan Andika Perkasa, Pratikno enggan menjelaskan lebih rinci.

"Nanti dari DPR lah yang menyampaikan," kata dia.

Rekomendasi