Komisi I DPR RI Jadwalkan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

| 07 Nov 2023 18:44
Komisi I DPR RI Jadwalkan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan
Calon Panglima TNI Agus Subiyanto (Antara)

ERA.id - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafis mengatakan, komisinya menjadwalkan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada awal pekan depan.

Menurutnya, pimpinan DPR RI baru akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada pekan ini. Adapun Bamus tersebut merupakan tindak lanjut atas surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI.

"Bamus minggu ini, kalau enggak hari ini ya besok atau lusa, pokoknya minggu ini. Awal pekan depan kita langsung fit and proper test," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Proses fit and proper test rencananya hanya akan digelar dalam satu hari. Sebab, calon yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo hanya tunggal.

Setelag fit and proper test, Komisi I DPR RI akan melanjutkannya dengan verifikasi faktual.

"Jadi kita selesaikan semuanya minggu depan. Mudah-mudahan di awal minggu sudah beres semua kalau yang di Komisi I," katanya.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, hasil fit and proper test akan disahkan di rapat paripurna DPR RI sebelum tanggal 21 November 2023.

Dia berharap, Agus Subiyanto yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono mampu menjaga netralitas TNI saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tinggal nanti ke depan bagaimana ini menjadi pemilu, netralitas pemilu seperti apa, profesionalisme TNI seperti apa, karena kita juga consent modernisasi alutsista tapi juga bagaimana sumber daya prajurit kita ini lebih profesional," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya sudah menerima surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Adapun Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

"Pimpinan DPR RI sudah menerima surpres dari Presiden terkait dengan usulan pengganti calon panglima TNI, yang mana bahwa Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yanh sesuai dengan aturannya, yaitu pada tanggal 26 November, sesuai hari kelahiran beliau," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10).

Menurut Puan, calon panglima TNI yang dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo hanya ada satu nama, yaitu Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD

Rekomendasi