Sudah Terima Surpres Calon Panglima TNI, DPR Sebut Agus Subiyanto Jadi Pengganti Yudo Margono

| 31 Oct 2023 12:01
Sudah Terima Surpres Calon Panglima TNI, DPR Sebut Agus Subiyanto Jadi Pengganti Yudo Margono
Puan Maharani bersama Wakil Pimpinan DPR (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya sudah menerima surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono. Adapun Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

"Pimpinan DPR RI sudah menerima surpres dari Presiden terkait dengan usulan pengganti calon panglima TNI, yang mana bahwa Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yanh sesuai dengan aturannya, yaitu pada tanggal 26 November, sesuai hari kelahiran beliau," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Menurut Puan, calon panglima TNI yang dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo hanya ada satu nama, yaitu Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ucapnya.

Setelah menerima surpres, pimpinan DPR RI akan memulai proses mekanisme untuk bisa menindaklanjuti surat usulan pengganti calon panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

DPR RI, kata Puan, memiliki waktu 20 hari kerja untuk menindaklanjuti surpres tersebut.

"Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga dengan demikian panglima TNI yang akan datang bisa berjalan baik dan tidak akan ada kekosongan panglima TNI yang akan datang," pungkas Puan.

Rekomendasi