Dijodohkan Dengan Ganjar di Pilpres 2024, Erick Thohir: Saya Bukan Orang Partai

| 05 Dec 2022 21:13
Dijodohkan Dengan Ganjar di Pilpres 2024, Erick Thohir: Saya Bukan Orang Partai
Erick Thohir dan Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, bahwa dirinya bukan orang partai. Saat ini juga dia masih fokus menjalankan tugasnya di kementerian pelat merah.

Hal ini menanggapi penjodohan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan dirinya sebagai pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya bukan orang partai. Saya masih fokus bekerja untuk BUMN, apalagi kita lihat ke depan ada resesi ekonomi, pangan, saya rasa fokus di 2023 ini sangat penting," kata Erick di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Erick mengingatkan, sesuai mekanisme yang berlaku, urusan pencalona presiden dan wakil presiden merupakan ranah politik. Sebab, yang berhak mencalonkan adalah partai politik atau gabungan partai politik.

"Kan mekanisme dari (pencalonan pasangan presiden dan wapres) itu kan politis," kata Erick.

Terkait dengan peluangnya diusung oleh partai politik, dia pun enggan berandai-andai. Menurutnya, prosesnya masih terlalu panjang.

"Mekanismenya itu kan konsolidasi partai, dan saya rasa masih panjang lah prosesnya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku banyak menerima masukan dari kader PAN di Jawa Tengah untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Ia bahkan menyebut akan membawa aspirasi ini untuk didiskusikan bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Jawa Tengah sudah memutuskan satu nama, Pak Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi calon presiden dan wakil presiden yang disampaikan kepada DPP tadi," katanya usai acara bersama kader PAN se-Jawa Tengah, di Hotel Grasia, Semarang, Jumat (2/12).

Di acara ini, Zulhas terlihat akrab dengan Ganjar. Mereka saling berbincang dan tertawa bersama. Selain Ganjar, acara PAN Jateng ini juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir yang santer disebut sebagai kandidat calon wakil presiden. Zulhas mengaku sudah ‘nyantol’ dengan Menteri BUMN itu.

"Udah hari-hari sama saya gimana. Paling kuat enggak, paling nyantol istilahnya," katanya.

Rekomendasi