Nasihat Ma'ruf Amin ke Kaesang-Erina: Saat Ijab Kabul Anda Berjanji Kepada Allah, Itu Harus Hati-hati

| 10 Dec 2022 16:10
Nasihat Ma'ruf Amin ke Kaesang-Erina: Saat Ijab Kabul Anda Berjanji Kepada Allah, Itu Harus Hati-hati
Kaesang dan Erina (tangkap layar)

ERA.id - Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah digelar di pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) siang. Keduanya telah sah sebagai suami istri.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan khotbah pernikahan. Ia memberi wanti-wanti pada Kaesang agar hati-hati menjadi suami.

Namun, Ma’ruf sempat salah ucap saat menyapa para tamu hadirin. Setelah para menteri, ia menyebut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono IX. “Eh, Sultan Hamengku Buwono X,” kata Ma’ruf Amin buru-buru meralat.

Dalam khotbahnya, Ma’ruf mengatakan, perkawinan adalah tuntunan agama dan merupakan sunah Rasul. “Karena itu Rasulullah mengatakan, pernikahan itu sunahku, barang siapa tidak suka sunahku bukan golonganku,” ucap Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini.

Ia mengatakan, pernikahan bertujuan untuk mengembangbiakkan manusia dan mengelola bumi ini sebagai kalifah. “Melalui pernikahan, dibangun rumah tangga. Rumah tangga adalah gambar kecil dan miniature masyarakat. Masyarakat akan baik mana kala rumah tangga baik. Karena itu, peran rumah tangga sangat penting di masyarakat,” paparnya.

Ia juga mengingatkan bahwa pernikahan juga merupakan janji pada Allah SWT. “Saat ijab Kabul, Anda berjanji kepada Allah. Itu harus hati-hati. Hati-hati juga para suami yang lain, termasuk saya,” kata dia kepada Kaesang.

Rekomendasi