Jumlah Peserta Pemilu 2024 Lebih Banyak, Demokrat Ngaku Persaingan Makin Ketat

| 14 Dec 2022 23:41
Jumlah Peserta Pemilu 2024 Lebih Banyak, Demokrat Ngaku Persaingan Makin Ketat
AHY (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengaku, persaingan antar partai politik di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin ketat. Sebab, jumlah partai politik nasional peserta pemilu mendatang lebih banyak dibanding Pemilu 2019.

"Persaingan tentu akan semakin ketat, dan semua berharap yang terbaik itu sudah pasti," kata AHY di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Meski begitu, AHY menargetkan Partai Demokrat mampu memperoleh 15 persen suara. Minimal, seluruh daerah pemilihan (dapil) bisa mendapatkan satu kursi di DPR RI.

Menurutnya, target tesebut cukup realistis dan dia optimis Partai Demokrat mampu mencapainya.

"Target kami tentu target yang optimistis. Harapan saya bisa mencapai 15 persen suara. 15 persen ini bisa dijelaskan bahwa kita ingin mendapatkan semua dapil itu paling tidak satu dapil satu kursi DPR RI," ucapnya.

Di samping itu, dengan bertambahnya partai politik peserta Pemilu 2024, AHY mengharapkan pesta demokrasi diwarnai dengan politik adu gagasan.

Dia mengimbau, jangan ada lagi narasi-narasi yang memecah belah bangsa seperti pada pemilu sebelumnya.

"Oleh karena itu, kami punya tekat, kita ingin ikut kontestasi dan bisa menggunakan cara-cara yang benar, konstitusional dan mudah-mudahan kami dengan terus membangun narasi perubahan dan perbaikan bisa berada bersama barisan partai demokrat," katanya.

Untuk diketahui, KPU RI telah menetapkan 17 partai politik nasional sebagai peserta Pemilu 2024. Sembilan diantaranya merupakan partai yang memperoleh kursi di DPR RI.

Jumlah partai politik di Pemilu 2024 bertambah banyak dari Pemilu 2019 yang hanya diikuti 14 partai politik saja.

Rekomendasi