Dasco Gerindra: Sandiaga Sebentar Lagi Resmi Jadi Anggota PPP

| 28 Dec 2022 16:03
Dasco Gerindra: Sandiaga Sebentar Lagi Resmi Jadi Anggota PPP
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (Dok. Sandi)

ERA.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno kabarnya tak lama lagi bakal menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, kabar itu dia dengar dari sejumlah anggota Fraksi PPP di DPR RI.

"Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Meski begitu, hingga saat ini belum ada tanda-tanda maupun surat resmi dari Sandi yang menyatakan undur diri dari Gerindra.

Dia kembali menegaskan, kabar rencana kepindahan Sandiaga ke PPP baru sebatas dari rekan-rekan Fraksi PPP di parlemen. "Ya saya baru denger dari teman-teman fraksi PPP. Jadi silakan ditanyakan ke yang bersangkutan dan ditanyakan ke PPP," kata Dasco.

Sedangkan terkait dengan rencana niatan Sandiaga maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Dasco tak mau banyak bicara.

Menurutnya, urusan pencapresan Sandi tidak ada kaitannya dengan Partai Gerindra, melainkan dengan PPP. "Sehingga kalau sudah menjadi anggota PPP, itu kewenangan dari partai PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan," katanya.

"Kalau sudah memang resmi di PPP kan ya jangan ditanya ke Gerindra dong," imbuh Dasco.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan siap maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden Tahun 2024.

"Siap. Saya nyatakan nanti partai politik yang akan menentukan, tapi saya sudah menyampaikan kesiapan dan itu sudah kami buktikan dengan pencapaian pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga kepada wartawan usai menghadiri Studium Generale 2022-2023 Seri 6 di Universitas Surabaya, Senin (19/12).

Meski begitu, Sandiaga memberikan penghormatan dan peluang agar partai politik menentukan pilihan nanti pada Oktober 2023.

"Saya selalu berkoordinasi dengan partai-partai politik, termasuk partai politik tempat saya bernaung, Gerindra, yang setiap kegiatan saya menyapa warga, memberikan suatu solusi bagi bangsa. Kami laporkan selalu kepada para stakeholder, terutama partai politik," ucapnya.

Adapun Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengatakan, partainya melirik Sandiaga Uno untuk diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, Indonesia ke depannya memerlukan sosok yang bisa melanjutkan progra pemerintah dan mampu memberikan solusi yang lebih baik bagi bangsa. "Terhadap beberapa figur, termasuk Pak Sandi, kami tentu akan mencermati," kata Arwani di JCC, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Selain cukup banyak diusulkan oleh kader di daerah, PPP juga menilai Sandiaga sebagai sosok yang cukup dekat dengan para ulama. Selain itu, juga dekat dengan partainya. "Beliau kan juga menteri, beliau sosok yang dekat dengan ulama, pesantren di mana di PPP sering bersentuhan dengan itu," ujar Arwani.

Lebih lanjut, anggota DPR RI menambahkan, terbuka peluang bagi Sandiaga untuk diusulkan oleh PPP kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk diusung sebagai capres pada Pilpres 2024.

Namun, hal itu tentunya setelah internal PPP membahas dan mengambil keputusan terkait dengan tokoh yang akan diusung. "Terhadap semua nama yang diusulkan oleh teman-teman di daerah, setelah dibahas di forum internal PPP tentu akan kami lanjutkan untuk kami bawa ke forum KIB. Iya (termasuk nama Sandiaga)," kata Arwani.

Rekomendasi