PDIP Gelar HUT ke-50 pada Januari 2023, Bakal Jadi Ajang Konsolidasi Pemilu 2024

| 30 Dec 2022 23:05
PDIP Gelar HUT ke-50 pada Januari 2023, Bakal Jadi Ajang Konsolidasi Pemilu 2024
PDI Perjuangan (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan akan menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada 10 Januari 2023. Momentum itu sekaligus dimanfaatkan untuk konsolidasi internal memasuki tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

HUT ke-50 PDIP akan mengusung tema "Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam"; dengan Sub Tema: "Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya".

"Peringatan HUT partai akan dilakukan sebagai bagian konsolidasi partai dalam rangka pemenangan pemilu," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam konferensi pers daring bertajuk 'Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023', Jumat (30/12/2022).

Lantaran menjadi ajang konsolidasi, maka perayaan HUT ke-50 juga lebih bersifat internal. Tujuannya untuk memperkuat jati diri partai.

"Sehingga sifatnya lebih ke internal guna memperkuat jati diri PDI Perjuangan sebagai partai ideologi Pancasila dengan ciri kerakyatan, kebangsaan, dan keadilan sosial," kata Hasto.

Dia menambahkan, dengan konsolidasi tersebut diharapkan pada tahun 2023 menjadi tahun politik yang melahirkan pemimpin nasional baru.

"Semoga dengan tema ini, tahun 2023 sebagai tahun politik benar-benar mendorong spirit gotong royong bahwa Pemilu sebagai momentum lahirnya pemimpin-pemimpin nasional yang baru, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi kita dengan menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi," ujar Hasto.

Adapun acara peringatan HUT ke-50 PDIP seharusnya digelar di Gelora Bung Karno, Senayan. Namun, karena GBK disiapkan untuk gelaran sepak bola FIFA maka dipindahkan ke JIEXPO Kemayoran.

"Pada awalnya kegiatan akan dilakukan di Gelora Bung Karno yang memiliki kesejarahan yang sangat kuat dengan Partai. Namun karena adanya ketentuan dari Menpora, bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dipersiapkan untuk FIFA," pungkasnya.

Rekomendasi