Sekber Terbentuk, Peluang Sandiaga Maju Cawapres dari Gerindra Semakin Kecil?

| 25 Jan 2023 10:53
Sekber Terbentuk, Peluang Sandiaga Maju Cawapres dari Gerindra Semakin Kecil?
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (Dok. Sandi)

ERA.id - Pembentukan Sekretariat Bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa membuktikan koalisi yang dibangun makin solid, kata pengamat politik dari Universitas Brawijaya Malang Anang Sujoko.

Menurut Anang, sekber tersebut tanpa secara jelas menyampaikan siapa calon resmi yang nanti diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kedua tokoh dari masing-masing partai sepakat membangun komitmen sambil melihat dinamika politik yang akan terjadi "Ini merupakan strategi jitu yang dilakukan Prabowo," kata Anang.

Menurutnya, pembentukan sekber itu juga sebagai ajang unjuk kekuatan Partai Gerindra dan PKB untuk menuju Pemilu 2024 karena selama ini koalisi Gerindra dan PKB tidak terlalu menonjol dibandingkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) maupun rencana koalisi yang dibangun NasDem

Di satu sisi, dengan dibentuknya sekber tersebut, kemungkinan besar koalisi Gerindra dan PKB untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) semakin besar. Terlebih lagi Prabowo merupakan salah satu tokoh politik nasional yang memiliki elektabilitas cukup tinggi.

Anang mengatakan saat ini peluang Ketua Umum Gerindra itu memenangkan Pilpres 2024 masih cukup jauh di bawah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dari beberapa lembaga survei politik yang memiliki kredibilitas tinggi, tren penurunan elektabilitas Prabowo masih terjadi, sementara elektabilitas Anies Baswedan terus meningkat.

"Saat ini Anies sudah menjalankan fungsi sebagai capres dan dukungan dari NasDem sudah sangat jelas," ujarnya.

Meski demikian, sambung Anang, NasDem masih tetap membutuhkan koalisi partai lain untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu maju pada pesta demokrasi lima tahunan.

Selain itu, terbentuknya sekber tersebut, maka peluang Sandiaga Uno untuk menjadi capres maupun cawapres dari Gerindra semakin kecil. Apalagi PKB juga berkeinginan mengusung Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Rekomendasi