Ciptakan Peluang Kerja, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Komunitas Film Desa Baros

| 25 Jan 2023 17:26
Ciptakan Peluang Kerja, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Komunitas Film Desa Baros
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong komunitas film Citalutug mengikuti festival film bulanan. Menurutnya, ini dapat menciptakan ekosistem berkelanjutan baik secara ekonomi, lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mendorong komunitas film Citalutug dapat mengikuti festival film bulanan dan menjadi juara untuk dikirim ke festival film. Dengan begitu talenta-talenta lokal akan muncul dan berkembang, sehingga bisa menjadi cikal bakal infrastruktur ekonomi kreatif yang betul-betul diperlukan,” kata Sandiaga di Desa Wisata Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Minggu (22/1/2023).

Secara simbolis Sandiaga Uno memberikan bantuan pemerintah (Banper) subsektor film untuk Desa Wisata Baros sehingga menunjang kebutuhan pembuatan konten, karena terbukti berkat bantuan yang diberikan dapat memenangkan berbagai penghargaan festival film.

"Kolaborasi kita tadi sudah diumumkan bantuan pemerintah dari segi ekonomi kreatif dan juga ada DAK fisik untuk Kabupaten Bandung yang mudah-mudahan mendukung kebangkitan pascapandemi untuk dapat mengembalikan ekonomi masyarakat," kata Sandiaga Uno.

Dirinya menambahkan, saat ini Kemenparekraf akan terus merevitalisasi destinasi wisata. Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Tadi sudah kita sampaikan kebersihan, kesehatan, keamanan, juga keberlanjutan lingkungan, sampahnya harus kita tangani dengan baik. Juga kita harus siapkan para pelaku anak mudanya, sehingga nanti destinasi unggulan seperti Kabupaten Bandung ini bisa menjadi role model yang bisa menginspirasi banyak kabupaten dan desa wisata lainnya," jelasnya.

Pada kesempatan sama, Sandiaga Uno menegaskan fokus memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Sebab mengenai kontestasi politik pemimpin yang akan memberikan statement.

"Kontestasi politik ini terus berjalan, kami fokus pada pemikiran kebangsaan jadi bagaimana berkelanjutan mempercepat pembangunan. Salah satunya adalah kita lebih sering bersilaturahmi dan melakukan kegiatan untuk memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi kita, nanti permasalahan politik diatas sana yang mulai merajut," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pembina Desa Wisata Baros Firman, 41, mengapresiasi kehadiran Sandiaga Uno ke desanya. Firman berharap kegiatan ini dapat memperkenalkan Desa Wisata Baros hingga ke mancanegara.

"Adanya program dari Gemawira dan Menparekraf Sandiaga Uno itu sangat mendukung kami. Harapannya semoga lebih mengenalkan Desa Wisata Baros ke masyarakat luar," ungkap Firman.

Pada kesempatan ini, Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) melakukan pelatihan pengelolaan bisnis desa wisata dan juga konten video kreatif. Kegiatan tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata yang membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat desa.

Rekomendasi