Sohibul Iman: Keputusan PKS Dukung Anies Usai Diskusi dengan Salim Segaf di Turki

| 30 Jan 2023 21:33
Sohibul Iman: Keputusan PKS Dukung Anies Usai Diskusi dengan Salim Segaf di Turki
Sohibul Iman (Antara)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi bergabung dalam Koalisi Perubahan. Bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat menyatakan sikapnya mengusung Bakal Calon Presiden Anies Baswedan di Pilpres Tahun 2024.

Sohibul Iman didampingi tim kecil dalam Koalisi Perubahan, yakni Sudirman Said, Sekjen Demokrat Teuku Riefky, namun tanpa perwakilan dari Partai Nasdem.

"Kami diskusi cukup panjang, Alhamdulillah pertemuan dan konsultasi berjalan baik. Dari diskusi di Istanbul Turki itu, saya mendapatkan pesan dan untuk disampaikan dua pesan penting," ucapnya usai di area Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, seusai bersama rombongan kembali dari Turki menemui Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Senin (30/1/2023).

Sohibul menerangkan, sebagaimana tim kecil koalisi partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten jadi bagian partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Sehingga, koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen.

"Yang kedua, PKS akan sampaikan dukungan ekspilisit organisatoris ke Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024-2029, pada rapat badan pekerja majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," tuturnya.

Namun, PKS tidak menutup kemungkinan bila deklarasi dukungan tersebut akan dilakukan maju atau lebih awal, sesuai dengan dinamika politik yang berkembang. Terutama, usai Ketua Majelis Syura PKS dan Presiden PKS kembali dari perjalanan dinas dan umrohnya pada 3 Februari 2023.

Dengan begitu, PKS secara resmi kepartaian memberi dukungannya kepada Koalisi Perubahan yang di dalamnya ada Nasdem dan Partai Demokrat, yang lebih dulu memberikan dukungannya.

Rekomendasi