Bertemu dengan Para Dalang, Anies Baswedan 'Belanja Masalah'

| 02 Feb 2023 06:16
Bertemu dengan Para Dalang, Anies Baswedan 'Belanja Masalah'
Anies Baswedan bertemu dengan para dalang di Ndalem Timasan, Makamhasi, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (1/2/2023).

ERA.id - Bakal calon presiden Anies Baswedan bertemu dengan 50 perwakilan dalang di Solo Raya. Pertemuan ini berlangsung di Pendopo Anom Suroto, Kelurahan Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (1/2/2023).

Usai pertemuan, Anies mengaku jika dirinya sudah menjadi pembina Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN) sejak tahun 2015. Sehingga pertemuan ini hanya merupakan silaturahmi dengan para pelaku seni.

"Saya jadi pembina KPSBN sejak 2015. Selama delapan tahun ini kita selalu jaga silaturahmi dengan mereka," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut selama pandemi para pedalang tidak bisa bekerja pentas di tempat umum. Sehingga kegiatan budaya dan seni terpaksa dilakukan secara virtual.

"Sore ini silaturahmi dengan dalang berkumpul bersama bicara soal budaya maju wayang kulit dan preview apa yang kita lakukan selama delapan tahun," katanya.

Dia mengatakan pertemuan ini sekaligus sebagai ajang tukar pikiran dan belanja masalah. Dengan cara ini budaya pewayangan bisa tetap lestari.

"Tukar pikiran belanja masalah apa saja perlu kita tingkatkan kedepan supaya budaya kita lestari dan berkembang," papar dia.

Dia mengatakan ada tiga catatan penting dalam pertemuan ini agar budaya bisa tetap lestari. Ketiganya adalah unsur pemerintah, pelaku seni dan masyarakat.

"Pelestarian kebudayaan sangat perlu dilaksanakan, demi terjaganya budaya dan mewariskan ke generasi berikutnya," katanya.

Rekomendasi