Demokrat-PKS-NasDem Sudah Sepakat Nama Cawapres, Tapi Masih Rahasia

| 21 Jun 2023 18:48
Demokrat-PKS-NasDem Sudah Sepakat Nama Cawapres, Tapi Masih Rahasia
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Tiga ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yaitu NasDem, Demokrat, dan PKS sudah menyepakti nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang dipilih Anies Baswedan.

"Dari awal, seluruh nama itu diolah tiga partai, jadi semuanya disepakati," kata Anggota tim delapan Koalisi Perubahan Sudirman Said di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Rabu (21/6/2023).

Dia memastikan, terkait nama bacawapres sudah final. Tinggal menunggu kapan Anies bakal mengumumkannya.

"Jadi tahapannya sudah finalisasi lah. Dan finalisasi itu sepenuhnya diserahkan kepada capres," kata Sudirman.

Menurutnya, sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji, Anies sudah berkeliling ke pimpimnan tiga partai politik untuk menyampaikan pilihan bacawapresnya.

Terkait ada dinamika mengenai bacawapres, menurut Sudirman, hal tersebut bukan masalah. Justru harus diakomodir dengan baik.

"Kemarin kan sebelum beliau, mudah-mudahan besok lancar beliau berangkatnya, kan berkeliling ke semua pimpinan partai untuk pamitan sekaligus menjelaskann arah keputusannya itu," kata Sudirman.

"Bahwa muncul satu dua pendapat itu biasa saja dan itu yang harus dikelola dengan baik," imbuhnya.

Meski sudah dikantongi Anies dan diketahui Tim Delapan Koalisi Perubahan, Sudirman masih menutup rapat siapa bacawapres yang terpilih.

"Kata orang bijak mistery is power. jadi tidak semua dikemukakan gitu lah," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan, pembahasan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan sudah rampung. Namun deklarasi tak dilakukan sebelum Anies berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji

Kepastian itu diputuskan dalam rapat Tim Delapan Koalisi Perubahan di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (20/6).

"Soal pembahasan Cawapres sudah dapat dikatakan selesai.  Nama-nama yang diusulkan oleh Partai Koalisi dan masukan masyarakat telah selesai kami kaji secara mendalam," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

Lantran Anies sudah mengantongi nama cawapres, waktu deklarasi bakal dibahas setelah mantan gubernur DKI Jakarta itu menunaikan ibadah haji.

"Satu nama sudah dikantong Bacapres Anies, mari kita tunggu siapa tahu sekembali Pak Anies dari ibadah haji akan ditentukan momentum terbaik untuk mendeklarasikan Pasangan Capres-Cawapres Koalisi Perubahan," ujar Sugeng.

Rekomendasi