Bicarakan Koalisi Perubahan dengan Cak Imin, Airlangga: Tapi NasDem Masih Menahan Diri

| 10 Feb 2023 10:45
Bicarakan Koalisi Perubahan dengan Cak Imin, Airlangga: Tapi NasDem Masih Menahan Diri
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono dan jajaran perwakilan Partai NasDem, PKS dan Demokrat (Istimewa)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin membicarakan Koalisi Perubahaan yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

Pembicaraan itu dilakukan di sela-sela Airlangga dan Cak Imin bertemu sambil jalan santai di kawasan Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2023) pagi.

Awalnya, Airlangga menyinggung Koalisi Perubahan pasti akan dideklarasikan. Berdasarkan informasi yang didengarnya, PKS akan mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada 24 Februari 2023.

"Mereka sih jadi deklarasi. Tanggal 24 PKS akan deklarasi," kata Airlangga.

Lantas Cak Imin bertanya apakah rencana deklarasi PKS itu sekaligus mendeklarasikan Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Namun, meenurut penuturan Airlangga, deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden akan dilakukan sendiri-sendiri.

"Bertiga?" tanya Cak Imin.

"Sendiri-sendiri," jawab Airlangga.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu menambahkan, bahwa Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS dipastikan akan membentuk Koalisi Perubahan.

Namun, menurut Airlangga, Partai NasDem justru masih menahan diri.

"Tapi pasti bertiga?" kata Cak Imin.

"Bertiga itu pasti, tapi NasDem masih menahan diri," kata Airlangga.

Sebagai informasi, Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS sepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meski begitu, ketiganya belum resmi menjalin kerja sama politik dengan membentuk koalisi yang rencananya diberi nama Koalisi Perubahan.

Rekomendasi