Dari Ganjar hingga Jokowi Banjir Pujian dari Anies Baswedan

| 11 Feb 2023 17:46
Dari Ganjar hingga Jokowi Banjir Pujian dari Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendatangi Festival Kopi dan Tahu Sumedang di Jakarta Pusat. (Facebook Anies)

ERA.id - Bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan memberikan pujian kepada sejumlah tokoh politik, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo hingga mantan rekannya di DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Pujian pertama diberikan kepada Ganjar. Di mata Anies, politisi PDI Perjuangan itu merupakan sosok kepala daerah yang memikirkan rakyatnya.

"(Ganjar Pranowo) seorang gubernur yang memikirkan masyarakat Jawa Tengah," kata Anies dikutip dari kanal YouTube Merry Riana, Sabtu (11/2/2023).

Anies juga mengaku bahwa Ganjar merupakan teman lagi semasa kuliah di Universitas Gajah Mada. Menurutnya, meskipun lebih senior, Ganjar merupakan sosok yang baik hati.

"Teman lama, kita sama-sama kuliah di Gajah Mada. Beliau tiga tahun di atas saya secara angkatan, tapi sempat berinteraksi di sana dan orang baik," katanya.

Sementara sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di mata Anies adalah seorang patriot.

Menurutnya, Prabowo yang berasal dari keluarga pejuang benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia. Apalagi kini menjabat sebagai menteri pertahanan.

"(Prabowo Subianto) seorang patriot, seorang pejuang yang telah mendedikasikan sebagian hidupnya untuk menjaga kedaulatan Indonesia dari mulai menjadi prajurit sampai sekarang menjadi menteri pertahanan," ucapnya.

Sementara Anies menilai Presiden Joko Widodo sebagai sosok yang mampu menginspirasi dan berkomitmen terhadap apa yang dikerjakannya.

"Seseorang yang bisa menjadi inspirasi. Dedikasi dalam bekerja yang luar biasa, komitmen untuk delivery apa yang dikerjakan sangat tinggi," katanya.

Di samping itu, Jokowi juga dinilai sebagai tokoh yang mampu membukitkan bahwa demokrasi di Indonesia memberikan kesempatan kepada siapapun menjadi kepala daerah bahkan kepala negara.

"Bila kita mengadopsi prinsip demokrasi, tapi mempertahankan aristokrasi, maka orang-orang biasa saja tidak bisa. Banyak negara tetangga kita harus jadi anak seseorang untuk berada di posisi itu, pak Jokowi menjadi inspirasi," ucap Anies.

Sementara Anies mengaku, memiliki hubungan sangat dekat dengan Sandiaga Uno dan keluarga besarnya. Dia mengungkapkan, ibunya dan ibunda Sandiaga Uno merupakan sahabat sejak berkuliah di Universitas Padjajaran.

Baginya, persahabatan dengan Sandiaga tidak akan pernah berakhir sampai kapanpun.

"Persahabatan dari ibu kepada anak, kemudian berjalan bersama di Pilkada dan bertugas bersama. Jadi Pak Sandi akan selalu menjadi sahabat sampai kapanpun, beliau dan keluarga selalu jadi saudara kita sampai kapanpun," tegas Anies.

Rekomendasi