PDIP Pastikan Bakal Berkoalisi di Pemilu 2024: Tidak Mungkin Tidak, Percayalah

| 13 Feb 2023 20:12
PDIP Pastikan Bakal Berkoalisi di Pemilu 2024: Tidak Mungkin Tidak, Percayalah
PDIP (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan memastikan akan berkoalisi dengan partai politik lain di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Partai berlambang kepala banteng itu juga tak khawatir tak kebagian kawan koalisi.

"Kalau koalisi, pasti kita berkoalisi. Tidak mungkin tidak, percayalah," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Meskipun saat ini nyaris seluruh partai politik pemilik kursi di parlemen sudah membentuk koalisi untuk Pemilu 2024, PDIP optimis tetap bisa membangun koalisi.

Said mengatakan, PDIP masih punya lahan untuk berkoalisi dengan partai-partai politik lain yang ada di parlemen. Menurutnya hal itu sangat biasa dalam dunia politik.

"Kalau sekarang seakan-akan sudah ada KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) sudah punya lahan, kemudian (Koalisi) Indonesia Raya sudah punya lahan, Insyaallah kami pun punya lahan untuk bersama-sama, percayalah. Kan dinamikanya begitu partai politik," paparnya.

Adapun saat ini PDIP, kata Said, masih fokus menyaring kader-kader partai yang akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif baik di tingkat nasional maupun provinsi dan kabupaten/kota.

Proses penyaringan calon anggota legislatif dipastikan akan berjalan hingga Maret 2023.

"Di internal, kami fokus kepada penyaringan pencalonan (anggota legislatif)," kata Said.

Diketahui, PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai di parlemen yang belum menentukan sikap politik jelang Pemilu 2024.

Partai berlambang banteng itu masih menunggu arahkan sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk berkoalisi maupun menentukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Rencananya, Megawati akan mengumpulkan kembali para kadernya pada 24 Juni 2023.

Rekomendasi