Detik-detik Gusti Bhre Resmi Dikukuhkan Sebagai KGPAA Mangkunegara X

| 12 Mar 2022 14:00
Detik-detik Gusti Bhre Resmi Dikukuhkan Sebagai KGPAA Mangkunegara X
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo resmi dikukuhkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Arya (KGPAA) Mangkunegara X. Pengukuhan dilakukan di Pendhapi Ageng Pura Mangkunegaran , Sabtu (12/3/2022).

Prosesi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Ia dikukuhkan sebagai penguasa Mangkunegaran oleh ibundanya, Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Dalam upacara sakral ini, Bhre mengenakan Beskap Kanarendran berpadu dengan bawahan Jarik Parang. Sementara ibunya, Gusti Kanjeng Putri mengenakan kebaya biru tua dan bersanggul serta riasan sederhana. Keduanya berdiri saling berhadapan dengan jarak beberapa meter.

Sebelum Bhre memasuki Pendhopo Ageng, para abdi dalem sudah masuk membawa sejumlah pusaka warisan turun temurun dari Pura Mangkunegaran ini.  Pusaka berbentuk keris kemudian diserahkan ke Bhre sebagai simbol penyerahan takhta Mangkunegaran.

Selain keris Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX juga menyerahkan piagam. Kemudian prosesi dilanjutkan dengan tarian Bedoyo Anglir Mendhung.

Pengageng Wedhana Satriya Pura Mangkunegaran KMRT Lilik Priarso mengatakan persiapan untuk prosesi ini telah dilakukan jauh hari. "Persiapannya sudah jauh-jauh hari. Untuk prosesi ini berlangsung sekitar dua jam," ucapnya.

Rekomendasi