Usai Bertemu PPP, Yusril: Bahas Koalisi hingga Capres 2024

| 13 Mar 2023 19:10
Usai Bertemu PPP, Yusril: Bahas Koalisi hingga Capres 2024
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra melakukan pertemuan di kantor DPP PPP Jakarta. (Gabriella/ERA.id)

ERA.id - Partai Bulan Bintang (PBB) bertandang ke Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2023).

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menggelar pertemuan secara tertutup selama dua jam.

Mardiono mengatakan, dalam pertemuan tersebut, kedua partai politik banyak bernostalgia. Selain itu juga membicarakan isu-isu politik.

"Kita bernostalgia, pertemuan ini sebaga seorang sahabat yang sekarang measing-masing menjadi ketua umum. Selanjutnya mendiskusikan kondisi perpolitikan nasional kita pada saat ini," kata Mardiono usai pertemuan dengan PBB.

Sementara Yusril mengatakan, pertemuan tadi juga membicarakan tentang eksistensi partai politik Islam di Indonesia. Menurutnya, PBB dan PPP harus tetap ada berdampingan dengan partai-partai berbasis nasionalis.

"PBB dan PPP sama-sama partai Islam, partai kebangsaan Indonesia sekaligus dalam pikiran kami berdua tetap harus eksis dalam perpolitikan Indonesia," kata Yusril.

Untuk itu, keduanya pun membicarakan soal kerja sama politik khususnya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif.

Selain itu, kedua partai politik tersebut juga membicarakan soal sosok calon presiden dan wakil presiden yang pantas dimajukan di Pilpres 2024. Meski begitu, mereka tidak membicarakan nama, hanya sebatas kriteria saja.

"Tadi PPP dan PBB sama-sama akan mendiskusikan siapa yang akan dicalonkan, siapa yang akan didukung, bagaimana koalisi ke depan dengan melihat perkembangan politik yang mutakhir," papar Yursil.

Keduanya juga membicarakan soal sistem pemilu proporsional terbuka dan tertutup yang saat ini tengah dilakukan judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

Rekomendasi