Tim Kecil Koalisi Perubahan: Ada Beberapa Nama yang Diusulkan Pak JK untuk Jadi Cawapres Anies

| 28 Mar 2023 13:52
Tim Kecil Koalisi Perubahan: Ada Beberapa Nama yang Diusulkan Pak JK untuk Jadi Cawapres Anies
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Antara)

ERA.id - Politisi senior Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) terpilih sebagai salah satu tokoh yang diajak tim kecil Koalisi Perubahan untuk mendiskusikan bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pak JK salah satu orang yang kami ajak diskusi, itu sah-sah saja," kata anggota tim kecil Koalisi Perubahan dari Partai NasDem Willy Aditya kepada wartawan, Selasa (27/3/2023).

Ketua DPP Partai NasDem itu mengatakan, JK bahkan mengusulkan sejumlah nama untuk dipertimbangkan menjadi bakal calon wakil presiden.

"Bukan hanya satu yang diusulkan Pak JK, ada banyak pertimbangan. Jadi ada beberapa nama yang diusulkan oleh Pak JK," kata Willy.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tim kecil Koalisi Perubahan tak hanya mengajak JK saja untuk dimintai masukan, melainkan juga sejumlah tokoh masyarakat dan agama lainnya pun dilibatkan.

Meskipun sudah ada beberapa nama yang diusulkan, Willy bilang saat ini pihaknya masih dalam tahap menggodok nama-nama tersebut. Belum ada keputusan yang diambil.

"Ini dalam proses berbelanja nama, mengkolek nama. Belum ada finalisasi," ucapnya.

Sebelumnya, JK mengaku mengusulkan nama calon wakil presiden kepada Anies Baswedan. Namun, keputusan akhir diserahkan kepada Anies selaku bakal calon presiden.

Hal itu disampaikan JK usai menghadiri acara buka puasa bersama di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3).

"Adalah pasti (mengusulkan nama cawapres ke Anies). Terganting Pak Anies saja yang mana yang cocok," ucapnya.

Namun dia tak mengungkapkan siapa saja nama cawapres yang diusulkan kepada Anies. Saat disinggung nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, JK hanya menjawab singkat.

"Belum (mengusulkan nama Khofifah ke Anies)," kata wakil presiden era SBY dan Jokowi itu.

JK hanya menyebut kriteria calon wakil presiden yang cocok mendampingi Anies. Salah satunya yaitu harus bisa mendongkrak suara dan bekerjasama dengan Anies.

"Cocoknya kalau calon menambah suara dan bekerja sama nanti kalau menang," ucapnya.

Rekomendasi