Momen Ganjar 'Diistimewakan' Elite PDIP Usai Diumumkan Jadi Capres

| 22 Apr 2023 10:00
Momen Ganjar 'Diistimewakan' Elite PDIP Usai Diumumkan Jadi Capres
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, dan Puan Maharani di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). (Dok. PDI Perjuangan)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung 'diistimewakan' elite PDI Perjuangan setelah resmi diusung sebagai calon presiden (capres).

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar sebagai capres yang akan diusung partainya di Pemilu 2024.

"Dengan mengucapkan Bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDIP," ujar Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Setelah itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memanggil Ganjar maju ke depan.

Ganjar pun sempat berhenti sebentar dan membungkukkan badannya kepada Megawati, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ketua DPP Puan Maharani, Kepala Situation Room yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Hasto yang duduk di depan.

Hasto kemudian bergeser saat Ganjar hendak ingin duduk di depan. Begitu juga dengan Prananda, setelah bersalaman, kursi yang tadi ditempatinya, diserahkan ke Ganjar.

Setelah Ganjar duduk di sebelah Megawati, Prananda lalu menduduki kursi yang baru ditambahkan. Berikutnya, Megawati secara simbolis memakaikan kopiah dengan disaksikan para kader secara langsung maupun virtual.

Prosesi pemakaian kopiah ini disambut riuh para elite PDIP yang hadir. Usai memakaikan kopiah, Megawati mengatakan kopiah merupakan simbol dari identitas budaya Indonesia.

"Kita melihat budaya orang Indonesai itu berkopiah, dan Bung Karno mengatakan itu identitas dari nasionalisme kita, yang disebut nasionalis religius," kata Megawati saat itu.

Setelah itu, Ganjar mengatakan akan berjuang sebaik mungkin setelah ditunjuk sebagai capres dari PDIP. Dia bertekad memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dengan mengucap bismillah, InsyaAllah kami akan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan ini bukan kali pertamanya mendapatkan mandat khusus dari Megawati. Sebagai kader, dia sudah banyak menerima tugas seperti membentuk badan penanggulangan bencana dan departemen otonomi daerah.

Tak hanya itu, Ganjar juga menjadi anggota DPR RI selama dua periode dan kepala daerah hingga saat ini selama dua periode. Sehingga, dia berharap bisa menjalankan amanah sebagai capres PDIP.

"Sampai hari ini, (Megawati, red) memberikan penugasan sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode dan ibu memberikan amanah kepada saya yang jauh lebih besar," kata Ganjar.

"Mudah-mudahan saya mampu, InsyaAllah, saya akan berjuang dengan baik sebagai capres," katanya.

Rekomendasi