Hadiri Solo Menari 2023, Sandiaga Uno: Sangat Out Of The Box

| 29 Apr 2023 16:33
Hadiri Solo Menari 2023, Sandiaga Uno: Sangat Out Of The Box
Menparekraf Sandiaga Uno dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunegara X menyemarakkan event Solo Menari 2023 di Solo, Sabtu (29/4/2023). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka acara Solo Menari 2023, Sabtu (29/4/2023). Acara ini untuk memperingati Hari Tari Internasional yang disemarakkan di sepanjang jalan dari Ngarsopuro hingga depan Pasar Gede Harjonagoro, Solo.

Dalam acara ini, Sandi didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunegara X atau yang memiliki nama kecil Gusti Bhre. Acara yang dimulai dengan kirab dari depan Pura Mangkunegaran menuju panggung yang berlokasi di depan Pasar Ngarsopuro. Sandi bersama dengan Gibran dan Gusti Bhre menyapa masyarakat yang antusias menyemarakkan acara ini. 

Ratusan penari yang mengenakan kebaya dan beskap menari di sepanjang jalan. Semuanya mengenakan kain putih sebagai selendang untuk menari. Sandi, Gibran dan Gusti Bhre pun turun menari dengan menggunakan selendang putih. 

Sandi beserta rombongan kemudian bertolak ke lokasi selanjutnya di halaman Pasar Gede Solo. Mereka mengikuti kirab dengan menaiki becak, beserta puluhan penari cilik yang mengenakan kostum Hanoman.

Di lokasi kedua ini tarian yang ditampilkan adalah cerita Ramayana. Masyarakat juga sangat antusias menyaksikan penampilan yang memukau itu. 

Ditemui usai kegiatan, Sandiaga mengatakan bahwa Solo Menari memiliki konsep yang sangat menarik dan beda dari penampilan biasanya. Menurutnya event ini sangat antimainstream karena bisa mengajak masyarakat untuk terlibat menari dengan background Pasar Gede. 

"Sangat out of the box, Mas Wali dan tim dari Solo Menari ini salah satu backgroundnya di Pasar Gede. Ini juga bukan hanya menyibukkan bukan hanya pelaku kreatif tapi juga masyarakat kebanyakan," ujarnya.

Sandi mengaku terpukau dengan gelaran Solo Menari. Apalagi, sejak dua tahun lalu event-event besar yang akan diselenggarakan dikurasi dan diselenggarakan terbatas karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Ini event yang betul-betul menyentuh kehidupan masyarakat sehari-hari. Backgroundnya biasanya selalu yang mainstream itu di gedung, tapi ini di pasar. Jadi bisa melihat langsung kegembiraan masyarakat mendapatkan hiburan langsung bisa ditampilkan," katanya.

Selain itu, Sandiaga juga sempat meninjau harga barang-barang di Pasar Gede. Menurutnya, pasar yang berada di pusat Kota Solo itu masih banyak dikunjungi oleh masyarakat, terutama wisatawan.

"Jadi ekonomi menggeliat. Saya harapkan ekonominya makin tumbuh, khususnya kota Solo. Lapangan kerja, karena target kami dengan mengkurasi solo menari ini bagaimana menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja 2024 ini batas atas kita 4,4 juta lapangan kerja," kata dia.

Rekomendasi