Stafsus Menteri: Kasus Korupsi Bansos PKH Kemensos 2020 Sebelum Bu Risma Dilantik

| 24 May 2023 13:24
Stafsus Menteri: Kasus Korupsi Bansos PKH Kemensos 2020 Sebelum Bu Risma Dilantik
Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa. (Kemensos)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi saat ini sedang ditangani KPK terkait dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Progam Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020.

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa mengatakan, kasus tersebut itu terjadi sebelum Risma dilantik menjadi Menteri Sosial pada 23 Desember 2020.

“Berdasarkan kronologi kasus terungkap bahwa peristiwa terakhir jatuh pada 30 September 2020 atau tiga bulan sebelum Bu Risma dilantik. Jadi Ibu tidak mengetahui kasus ini,” kata Don di kantornya, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Tentunya, dalam hal ini Kemensos mendukung langkah teman-teman penyidik lembaga antirasuah untuk mengusut perkara tersebut. 

Don memastikan, petugas KPK melaksanakan tugasnya tanpa campur tangan dari Kemensos.

“Kami terbuka dan mendukung tugas teman-teman KPK dalam penegakan hukum. Kami membuka akses seluas-luasnya sesuai dengan maksud mereka hadir di Kemensos untuk mendapatkan data,” kata Don Rozano.

Ketika penggeledahan kemarin, ada beberapa dokumen yang diamankan oleh penyidik KPK. 

“Di sini, mereka mengambil dokumen yang diperlukan, dan komputer. Secara umum kegiatan Tim KPK berjalan lancar dan kami bersikap kooperatif,”

Kemudian, petugas KPK mengakhiri pekerjaannya dengan berpamitan kepada Mensos.

Rekomendasi