Resmikan Rumah Aspirasi Relawan, Ganjar Pranowo: Kita Harap di Sini Muncul Taktik Hebat Bukan Hoaks

| 01 Jun 2023 18:31
Resmikan Rumah Aspirasi Relawan, Ganjar Pranowo: Kita Harap di Sini Muncul Taktik Hebat Bukan Hoaks
Ganjar Pranowo (Dok. PDIP)

ERA.id - Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo meminta para relawan yang mendukungnya untuk menciptakan taktik pemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023 tanpa hoaks dan memecah belah.

Hal itu disampaikan saat menghadiri peresmian Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

"Di sini saya harap betul, muncul pemikiran-pemikiran cerdas, muncul strategi dan taktik yang hebat muncul diksi-diksi yang baik, tidak mem-bully, tidak hoaks, tidak menyerang individu, tidak SARA, tidak memecah belah dan saya yakin ruangan ini lah yang bisa mendesain ini semua," kata Ganjar.

Dia juga berharap kekuatan partai dan relawan yang mendukungnya bisa bersatu. Persatuan ini diyakini jadi modal memenangkan Pilpres 2024.

Katanya, partai memang punya hak konstitusi untuk mencalonkan sosok tertentu tapi relawan sangat diperlukan untuk mendulang suara.

"Maka rumah aspirasi ini bagian dari ikhtiar kita. Bahwa kekuatan partai dan kekuatan relawan bisa bersatu, baik baik saja, dan bisa bergotong royong untuk memenangkan itu semuanya. Bisa," kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah ini minta relawan bisa bergerak menjaring pemilih. Sebab, mereka dinilai mampu mendulang suara.

"Dalam pertumbuhan demokrasi, perkembangan demokrasi kita pada akhirnya tidak bisa dinafikan secara konstitusional partai yang diberikan mandat oleh konstitusi untuk menentukan. Tapi mendulang suara elektoral, relawan punya hak per individu untuk bisa menentukan," tegasnya.

"Mereka mengorganisasi diri dan sudah ditunjukkan kemarin dalam dua kali pilpres terakhir," sambung Ganjar.

Sementara itu, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Ahmad Basarah bersyukur karena para relawan dan kalangan partai politik bisa hadir dalam peresmian sekretariat bersama. Apalagi, momen ini bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Dia berharap rumah aspirasi yang diresmikan bisa membangun semangat gotong royong antara partai dan relawan. "Kami partai politik pengusung Bapak Ganjar Pranowo, akan menjalin kerja sama dan organ relawan dengan prinsip menghormati eksistensi masing-masing pihak," ujar Basarah di lokasi yang sama.

Lebih lanjut, Basarah melaporkan ada 1.375 organ relawan pendukung Ganjar yang sudah mendaftar sejak TKRPP-PDIP didirikan.

"Dan yang telah diverifikasi sebagai organ relawan yang benar-benar eksis dan bersungguh-sungguh mendukung Ganjar Pranowo sejumlah 795 organ, baik yang berpusat secara nasional, provinsi, maupun di kabupaten maupun kota," jelasnya.

"Jumlah itu masih di luar relawan pendukung Pak Jokowi yang bertransformasi menjadi relawan Pak Ganjar Pranowo yang salah satu pertemuan akbarnya telah diikuti hampir sejumlah 300 relawan Jokowi di Basket Hall Senayan tanggal 13 Mei 2023 yang lalu," sambung Basarah.

Setelah diresmikan sekretariat bersama ini, Basarah yakin jumlah organ relawan akan terus bertambah. "Karena memang antusiasme masyarakat untuk memberikan dukungan kepada Bapak Ganjar Pranowo memang sangatlah besar," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan ini juga dihadiri Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Ahmad Basarah, Adian Napitupulu, serta Deddy Yevry Sitorus. Lalu ada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah elite partai PDIP.

Kemudian ada Waketum Hanura Ahmad Muqowam, Ketum dan Jubir PPP Muhamad Mardiono dan Achmad Baidowi. Hadir juga Sidharto Dhanusubroto, serta pentolan tim relawan Jokowi yang kini menjadi Relawan Ganjar Pranowo seperti Andi Gani Nena Wea.

Rekomendasi