Ganjar: Saya Akan Terlibat dalam Pemilihan Cawapres

| 10 Jun 2023 15:50
Ganjar: Saya Akan Terlibat dalam Pemilihan Cawapres
Ganjar Pranowo melantik pejabat. (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menyebut dirinya akan terlibat dalam penentuan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tentu saja Ibu Megawati sudah menyampaikan, Pak Jokowi kemarin kami ajak bicara, kemudian tentu saja nanti terakhirnya saya," kata Ganjar ditemui usai menghadiri deklarasi Relawan Gapura Nusantara (RGN) di Klub Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Namun, kata Ganjar, saat ini pihaknya masih dalam penjalinan kerja sama dengan partai politik (parpol) yang lain. "Ya, sementara ini kerja sama antarpartai yang kami bukakan ruang lebih dahulu," ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan bahwa pembahasan cawapres tersebut setelah seluruh parpol bersepakat menjalin kerja sama mendukung dirinya.

"Maka, kemudian ketika kerja sama antarpartai sudah selesai, bisa lebih cepat, maka kami akan bicara kandidat-kandidat cawapres saya yang sudah dipersiapkan. Nanti di situlah kami akan berembuk," kata dia.

Adapun agenda deklarasi RGN hari ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina RGN Laksamana TNI Purn. Bernard Kent Sondakh dan mantan Sekretaris Militer Presiden RI era Megawati Soekarnoputri Mayor Jenderal TNI Purn. T.B. Hassanudin.

RGN merupakan organisasi sukarelawan yang terdiri atas purnawirawan unsur TNI atau Polri, akademisi, youtuber, artis, politikus lintas partai, srikandi, dan milenial.

Mendapat dukungan dari purnawirawan TNI/Polri, Ganjar mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan akan mempertimbangkan cawapres dari kalangan itu karena pihaknya tidak memandang cawapres dari latar belakang tertentu saja.

"Semua sumber bisa kami ambil. Nanti kami akan diskusikan. Siapa pun," kata Ganjar.

Rekomendasi