PDIP Bocorkan Pengumuman Bacawapres Ganjar di Bulan September

| 04 Jul 2023 21:44
PDIP Bocorkan Pengumuman Bacawapres Ganjar di Bulan September
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membocorkan kapan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, pengumuman bacawapres Ganjar akan dilakukan pada September mendatang, setelah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo dan pimpinan partai politik pendukung lainnya yaitu PPP, Hanura, dan Perindo.

"September tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum mengumumkan calon dari wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan juga dengan bapak Presiden Jokowi," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/7/2023) dikutip dari Antara.

Sementara sepanjang bulan Juli dan Agustus akan dimanfaatkan untuk menggodok nama-nama yang masuk bursa cawapres Ganjar.

Hasto mengatakan, seluruh nama-nama yang ada dipertimbangkan dengan matang serta hati-hati oleh PDIP, khususnya oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Agar calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo diterima khalayak luas.

"Bulan Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan dan kemudian akan dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral. Sehingga kesatupaduan dwitunggal kepemimpinan pak Ganjar dengan wakilnya nanti yang akan mendampingi dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia sehingga dapat memenangkan pemilu," papar Hasto.

Diketahui, sejumlah nama yang santer terdengar berpotensi menjadi bacawapres Ganjar antara lain Menparekraf Sandiaga Uno, Imam Masjid Isiqlal Nasarudin Umar, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Rekomendasi