PSI "Mesra" dengan Prabowo Meski Suarakan Dukung Ganjar, PPP: Tanya PDIP Apakah Selama Ini PSI Tak Diajak Komunikasi

| 03 Aug 2023 10:55
PSI
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mesra dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, partai yang selama ini diketahui mendukung Ganjar Pranowo masih menuggu titah Presiden Joko Widodo sebelum mengambil keputusan politik.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghormati sikap PSI apakah nantinya tetap mendukung Ganjar atau beralih ke Prabowo.

"Kalau menurut saya dari sesama partai politik, kita harus hormati hak itu," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani kepada wartawan, dikutip Kamis (3/8/2023).

Namun, Arsul mengatakan, perlu ditanyakan kepada PDI Perjuangan apakah selama ini tidak ada komunikasi dengan PSI.

Mengingat partai besutan Giring Ganesha itu kencang menyuarakan dukungan kepada Ganjar, tetapi kini memberi sinyal mengalihkan dukungannya.

"Itu harus ditanya kepada PDI Perjuangan dong, gitu lho. Apakah selama ini tidak diajak komunikasi, atau di apa gitu ya," kata Arsul.

Di samping itu, Arsul mengaku salut dengan Partai Gerindra dan Prabowo yang bisa membuka komunikasi dengan PSI.

"Kalau kemudian ternyata Gerindra bisa membuka komunikasi dengan PSI, kalau saya malah salut sama Gerindra," ucapnya.

Terkait dengan perubahan sikap dukungan terhadap satu calon presiden (capres) tertentu, menurut Arsul sangat wajar. Sebab, dinamika politik masih terjadi sebelum nama pasangan calon diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Menurutnya, banyak variabel yang menyebabkan arah dukungan berbelok. Mulai dari komposisi paslon, kesepatakan politik, hingga program ideologi politik ke depan.

"Itu kan hal-hal yang memang mempengaruhi, gitu lho," kata Arsul.

"Pokoknya sampai dengan pendaftaran ke KPU, maka menurut hemat saya, partai politik yang katakanlah telah mengusung atau mendukung seorang capres. Yang capres ataupun cawapresnya itu bukan kadernya, meskipun kecil kemungkinannya atau ruangnya, masih terbuka untuk berubah," ucapnya.

Sementara soal kerja sama politik PPP dan PDIP, Arsul meyakini partainya masih berkomitmen mendukung Ganjar sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Doakan saja supaya langgeng gitu aja. Supaya perjodohannya terus," kata wakil ketua MPR RI.

Diketahui, Prabowo Subianto dan jajaran Partai Gerindra menyambangi Kantor DPP PSI di Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (2/8) sore. Pertemuan berlangsung tertutup selama kurang lebih satu jam.

Prabowo mengaku pertemuan dengan PSI berlangsung dengan sangat mesra. Sedangkan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyinggung arah dukungan Presiden Jokowi semakin jelas. 

Rekomendasi