Dianggap Berhasil Nakhodai BUMN, Erick Tohir Dinilai Punya Kepemimpinan Sangat Teruji

| 05 Aug 2023 17:43
Dianggap Berhasil Nakhodai BUMN, Erick Tohir Dinilai Punya Kepemimpinan Sangat Teruji
Menteri BUMN, Erick Tohir. (Antara)

ERA.id - Dorongan terhadap Menteri BUMN Erick Thohir maju calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 terus semakin kencang. Erick Thohir konsisten mendapat dukungan kuat lantaran dinilai sebagai pemimpin dengan kompetensi yang sudah teruji.  

“Pak Erick Thohir inikan sudah terujikan, artinya dalam banyak hal” Pengamat Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo, saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (5/8/2023). 

Kepemimpinan teruji Erick Thohir, dia melanjutkan, terlihat jelas dengan keberhasilannya menakhodai Kementerian BUMN. Di bawah komando Erick Thohir BUMN mampu menjadi kementerian dengan banyak capaian-capaian gemilang.

Anggota Kehormatan Banser NU ini, begitu sejak sukses mentransformasi BUMN. Terbukti tangan dingin Erick Thohir membuat BUMN berhasil mencatatkan laba sebesar Rp303 triliun pada 2022. Laba tersebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah.

Bukan hanya itu, laba BUMN turut berkontribusi terhadap negara dengan memberikan deviden sebesar Rp80,2 Triliun. Capaian tersebut baru bisa dikasih kala Erick menjabat sebagai Menteri BUMN.

Hadirnya keberhasil tersebut, lanjut dia, tidak mengherankan bila Erick Thohir terus mendapat dukungan kuat maju cawapres pada Pilpres mendatang. Erick Thohir juga merupakan sosok yang mendapat kepercayaan besar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai sekarang ini.  

Contoh nyatanya, ungkap dia, terlihat Ketika sebelumnya Erick Thohir ditunjuk Jokowi menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pernikahan tersebut sukses terlaksana dengan lancar dan sacral pada Desember 2022 lalu.

“Saya juga melihatnya paling mendasar ketika menikahkan putranya Pak Jokowi, itu kan ketua panitianya Pak Erick Thohir itu kan hal yang sudah dalam budaya Jawa. Itu personal banget,” terangnya.

Tags :
Rekomendasi