Kabar Duka, Pelukis Legendaris Djoko Pekik Meninggal Dunia

| 12 Aug 2023 11:32
Kabar Duka, Pelukis Legendaris Djoko Pekik Meninggal Dunia
Dokumen foto Joko Pekik memamerkan lukisannya yang berjudul "Zaman Edan" (Antara)

ERA.id - Pelukis legendaris Djoko Pekik meninggal dunia di usia 86 tahun, Sabtu (12/8) pagi. Seniman kelahiran 2 Januari 1937 itu wafat di RS Panti Rapih Yogyakarta usai mengalami penurunan kesadaran.

"Bapak Djoko Pekik datang ke IGD RS Panti Rapih sekitar pukul 08.00 dengan penurunan kesadaran. Sudah diberikan penanganan medis oleh tim Dokter IGD. Dinyatakan meninggal pukul 08.19 WIB," ujar Humas RS Panti Rapih, Maria Vita.

Sebelumnya selama beberapa waktu, Djoko Pekik menjalani rawat inap dan rawat jalan di RS Panti Rapih. "Beliau dirawat oleh beberapa dokter spesialis RS Panti Rapih," ujar Maria.

Selanjutnya jenazah Djoko Pekik akan dibawa rumah duka di Dusun Sembungan, Tamantirto, Kasohan, Bantul.

Ucapan duka datang dari sejumlah seniman, seperti Butet Kartaredjasa. Dalam akun Instagramnya, @masbutet, ia menulis "Selamat jalan Pak Djoko Pekik. Sumangga Gusti."

Djoko Pekik dikenal saat ia membuat lukisan Berburu Celeng dengan harga fantastis Rp1 miliar pada akhir 1990an. Lukisan itu mengkritik Orde Baru yang pernah memenjarakannya karena Pekik dianggap terlibat aktivitas komunis lantaran bergabung di Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra).

Rekomendasi