TNI Gerebek Markas KKB Papua di Kampung Aluguru, 3 Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

| 03 Sep 2023 19:38
TNI Gerebek Markas KKB Papua di Kampung Aluguru, 3 Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas
Anggota TNI. (Antara)

ERA.id - TNI menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Kampung Aluguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (1/9). Tiga arang anak buah Egianus Kogoya tewas dalam penggerebekan ini.

"Tindakan penyergapan ini adalah sebagai akibat dari penyerangan yang dilakukan KKB kepada masyarakat sipil beberapa waktu lalu di Batas Batu," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan kepada wartawan, Minggu (3/9/2023).

Izak menjelaskan operasi penyergapan ini dilakukan oleh tim gabungan Satgas Taipur, Satgas Yonif MR 411, dan Satgas Elang yang dipimpin oleh Mayor Inf Cosmos. 

Terjadi kontak senjata antara prajurit TNI dan KKB Papua saat penggerebekan ini. Sebanyak tiga anggota KKB bernama Army Tabuni, Ganti Gwijangge, dan satu lainnya yang belum teridentifikasi tewas akibat penyergapan oleh pasukan TNI ini.

"Dalam operasi ini pasukan kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk senjata, amunisi, peralatan serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM, juga tidak ada korban di pihak TNI," ucap Izak. 

Jenderal bintang dua TNI ini belum merinci berapa banyak senjata dan amunisi yang diamankan dari penggerebekan ini. Dia hanya menyebut kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa nyaman.

Tags : tni KKB
Rekomendasi