Prabowo Kumpulkan Ketum Parpol KIM Malam Ini, Bahas Simulasi Cawapres

| 13 Oct 2023 12:42
Prabowo Kumpulkan Ketum Parpol KIM Malam Ini, Bahas Simulasi Cawapres
SBY dan Prabowo dalam acara deklarasi Partai Demokrat. (Foto dok. Tim Gerindra)

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan mengumpulkan para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediamannya Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan pada Jumat (13/10) malam.

Salah satu agenda rapat yaitu membahas usulan-usulan dari masing-masing partai dan juga sejumlah pihak terkait bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo.

"Jadi usulan-usulan itu saya katakan bahwa saya bawa ke forum rapat ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju yang rencananya malam akan kita selenggarakan," kata Prabowo dikutip Jumat (13/10/2023).

"Jadi, ini kita sesuai tradisi bangsa Indonesia. Kita akan melaksanakan musyawarah untuk menuju mufakat," imbuhnya.

Terpisah, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, dalam rapat nanti malam, para ketua umum partai KIM akan mensimulasi nama-nama yang diusulkan sebagai cawapres Prabowo.

Selain itu, juga membahas soal formulasi pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dibuka pada 19-25 Oktober 2023.

"Seluruh ketua umum koalisi indonesia maju akan mengadakan pertemuan antara lain untuk membicarakan formulasi pendaftaran capres-cawapres lalu kemudian samil melakukan simulasi-simulasi untuk cawapresnya pak Prabowo," kata Dasco.

Meski begitu, dia menduga rapat nanti malam belum tentu langsung memutuskan siapa bacawapres pendamping Prabowo.

"Saya pikir pertemuan juga baru merupakan simulasi-simulasi yang nantinya akan diambil suatu keputusan yang bulat antara ketua-ketua umum partai koalisi," ucapnya.

Sejumlah tokoh digadang-gadang berpotensi medampingi Prabowo pada Pilpres 2024. Belakangan, nama Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka banyak diusulkan.

Selain itu, nama menteri BUMN Erick Thohir hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga masuk radar.

Rekomendasi