Kena Slepet Sarung Cak Imin, Anies: Pedesnya Beneran

| 24 Oct 2023 18:46
Kena Slepet Sarung Cak Imin, Anies: Pedesnya Beneran
Tangkapan layar Instagram

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan tertawa saat disinggung candannya dengan bacawapresnya Muhimin Iskandar alias Cak Imin soal perang sarung.

Anies mengaku sungguh kaget saat terkena sabetan sarung Cak Imin. Dia bahkan sampai merasakan kakinya sakit akibat sabetan itu.

"Kaget beneran. ternyata keras dan itu pedes, iya emang kaget beneran," kata Anies sambil tertawa saat ditemui usai acara US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Walaupun sakit, dia mengaku candannya dengan Cak Imin bermain perang sarung cukup seru. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku kakinya sudah sembuh.

"Slepetan-slepetan kemarin seru. (Sakit di kaki) sudah sembuh," kata Anies.

Momen lucu itu terekam saat Cak Imin menjelaskan kegunaan sarung yang identik sebagai pakaian para santri. Lalu Cak Imin menjelaskan ada tiga fungsi sarung.

"Di zaman kita, di pesantren ya, paling tidak ada tiga fungsi," kata Cak Imin.

Pertama, untuk digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Ketua Umum PKB itu juga sempat memperagakan bagaimana menggunakan sarung supaya tidak mudah lepas.

Teknik memakai sarung ala Cak Imin itu pun diuji keampuhannya, dengan menarik-narik sarung.

"Fungsi yang kedua, dulu itu tidurnya di lantai. Sarung fungsinya untuk selimutan," kata Cak Imin sambil memperagakannya.

"Nah yang ketiga, sarung fungsinya untuk nylepet," imbuhnya.

Cak Imin lantas mengambil sarung  yang sudah dilipat memanjang, lalu memperagakan bagaimana para santri biasa bermain perang sarung.

Tak disangka slepetan sarung Cak Imin tepat mengenai Anies dengan suara yang cukup nyaring. Mantan gubernur DKI Jakarta itu sempat terkejut dan melempot menghindar.

"Lumayan pedes nih," kata Anies sembari tertawa dengan Cak Imin.

Ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Cak Imin kembali berkelakar kalau sengaja memukul Anies cukup kencang dengan sarung.

Selain itu, dia mengaku momen tersebut dimanfaatkan sebelum nantinya Anies menjadi presiden kedelapan RI.

Dia bilang, apabila berhasil memenangkan Pilpres 2024, tentunya dia tak bisa bercanda lagi seperti itu. Sebab presiden adalah simbol negara.

"Ya mampung belum jadi presiden. (Kalau sudah jadi presiden) yo kan enggak boleh, simbol negara," kata Cak Imin, Senin (23/10).

Rekomendasi