Bos Alexis Akui Sewakan Rumah Kertanegara untuk Firli Bahuri: Beliau Sahabat Saya

| 04 Nov 2023 06:30
Bos Alexis Akui Sewakan Rumah Kertanegara untuk Firli Bahuri: Beliau Sahabat Saya
Alex Tirta (Antara)

ERA.id - Bos atau pemilik Hotel Alexis, Tirta Juwana Darmadji (Alex Tirta) telah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus pimpinan KPK diduga melakukan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Jumat (3/11/2023).

Alex mengakui dirinya kenal dengan Ketua KPK, Firli Bahuri. Dia juga membenarkan menyewa rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), untuk purnawirawan Polri itu.

Diketahui, rumah di Jalan Kertanegara itu disebut-sebut sebagai "safe house" Firli Bahuri.

"Yang penting bahwa soal rumah Kertanegara itu memang saya sewa dan diteruskan oleh beliau. Tapi memang atas nama saya. Jadi sudah saya jelaskan kepada penyidik," kata Alex Tirta di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

"Iya yang bayar beliau melalui saya. Nilainya Rp650 (juta per tahun)," tambahnya.

Saksi ini menambahkan sudah kenal lama dengan Firli Bahuri. Namun, dia enggan merinci dari tahun kapan mengenal Ketua KPK ini.

Alex hanya menyebut dia dan Firli sama-sama menyukai olahraga bulu tangkis.

"Saya sudah lama ya kenal sama beliau, jadi memang sahabat saya dan khususnya beliau ini kan senang bulu tangkis, saya juga senang bulu tangkis," ucapnya.

Sebelumnya, Pengacara Ian Iskandar membantah bila Firli menyewa rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46 Alex Tirta.

"Jadi dibantah, apalagi ada cerita dibayari oleh Alex Tirta. Jadi itu fitnah, pembunuhan karakter beliau," kata Ian saat dihubungi, Selasa (31/10).

Pengacara ini juga menegaskan Firli tidak mengenal Alex Tirta. Ian menjelaskan rumah di Jalan Kertanegara itu disewa melalui agen properti Ray White oleh Andreas, yang merupakan salah satu karyawan atau asisten Firli Bahuri.

"Yang kenal itu pihak Ray White melalui Andreas, Bapak Andreas. Kalau tidak percaya panggil aja pihak Andreas, panggil aja pihak Ray White," ujarnya.

Terkait alasan mengapa Firli menyewa rumah itu, tak dia jelaskan. Pengacara ini hanya menyebut kediaman itu disewa Firli dari tahun lalu. "Baru setahun (disewa oleh Andreas). Iya (dari) 2022," ucapnya.

Rekomendasi