Aiman Dilaporkan ke Polda Metro Buntut Sebut Polisi Dikerahkan Menangkan Prabowo-Gibran

| 14 Nov 2023 08:42
Aiman Dilaporkan ke Polda Metro Buntut Sebut Polisi Dikerahkan Menangkan Prabowo-Gibran
Aiman Witjaksono

ERA.id - Juru bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono, dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan berita bohong.

Aiman dilaporkan buntut ucapannya yang menyebut sejumlah polisi diminta memenangkan pasangan calon (Paslon) Prabowo-Gibran oleh komandannya.

Laporan ini teregister dengan nomor LP/B/6813/XI/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 13 November 2023.

Mantan jurnalis di media televisi ini dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 28 (2) juncto Pasal 45 A ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 14 dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dalam laporan ini, pihak pelapor menyertakan barang bukti berupa flashdisk berisi video pernyataan Aiman yang juga diunggah di akun Instagram-nya @aimanwitjaksono.

"Kita melaporkan saudara Aiman Witjaksono terkait pernyataannya beberapa waktu lalu yang terjadi dan sempat mengguncang media juga terkait pernyataannya ada temannya dari pihak kepolisian yang merasa keberatan adanya perintah dari komandannya untuk memenangkan salah satu calon presiden/wakil presiden," kata Juru bicara Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Fikri Fakhruddin kepada wartawan, dikutip Selasa (14/11/2023).

Fikri menilai pernyataan Aiman ini memunculkan hoaks karena apa yang disampaikannya tidak berdasarkan data yang valid.  

"Aiman Witjaksono ini, dia kan caleg yang ikut kontestasi Pemilu 2024. Sangat disayangkan apabila calon pemimpin kita memiliki sikap seperti itu, jadi nantinya demokrasi kita ke depan akan cacat, dan juga akan pincang ketika perhelatan perjalanannya itu," tambahnya.

Sebelumnya, Aiman mengaku mendapat informasi jika polisi tidak netral pada Pilpres 2024. Informasi itu dia jelaskan didapat dari teman-temannya di internal kepolisian.

"Saya mendapat sejumlah informasi dari beberapa teman-teman di kepolisian yang mereka keberatan karena diminta oleh komandannya, nggak tahu ini komandannya sampai di tingkat daerah atau tingkat pusat misalnya tidak disebutkan, yang meminta untuk mengarahkan atau membantu pemenangan dari pasangan Prabowo-Gibran," kata Aiman dilihat di akun Instagram-nya @aimanwitjaksono.

Rekomendasi