Alasan Gibran Tak Hadiri Acara Dialog Muhammadiyah: Bagi Tugas dengan Pak Prabowo

| 24 Nov 2023 10:44
Alasan Gibran Tak Hadiri Acara Dialog Muhammadiyah: Bagi Tugas dengan Pak Prabowo
Gibran Rakabuming (Dok TKN Prabowo-Gibran)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka tak mendampingi Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto menghadiri acara Dialog Terbuka Muhammadiyah.

Pasangan Prabowo-Gibran seharusnya menghadiri acara Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa di Kampus Univeristas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/11).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Nusron Wahid beralasan, ketidakhadiran Gibran lantaran harus memenuhi undangan di tempat lain, yaitu acara PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) di  Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

"Oleh karena itu Prabowo dan Gibran berbagi tugas," kata Nusron dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (24/11/2023).

Dia mengatakan, acara Muhammadiyah dan NU itu secara kebetulan digelar di hari yang sama. Sementara TKN menilai, tak bisa memilih salah satunya saja.

"NU dan Muhammadiyah adalah komponen penting dalam lanskap Islam rahmatan lil alamin di Indonesia, sehingga tidak mungkin dinafikan satu sama lain," kata Nusron.

Nusron mengatakan pembagian tugas ini adalah hal yang harus dilakukan oleh Prabowo dan Gibran. Sebab kedua acara itu penting.

“Mohon maaf kepada masyarakat yang ingin keduanya hadir bersamaan, tetapi bagi kami dua acara ini sama pentingnya dan pembagian tugas ini adalah jalan tengahnya,” kata dia.

Sebelumnya, kabar ketidakhadiran Gibran di acara dialog Muhammadiyah diumumkan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti melalui unggahan di akun Xnya Kamis, 23 November 2023 malam.

“Saya mendapat informasi dari Mas Nusron Wahid sore ini. Mas @gibran_tweet tidak bisa menghadiri undangan Dialog Publik PP. Muhammadiyah dengan Capres-cawapres di @umsby, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00. Dialog hanya akan dihadiri oleh Pak @prabowo," demikian bunyi keterangan Abdul Mu'ti.

Rekomendasi