Ini Alasan Gibran Absen Dialog Terbuka Muhammadiyah di UM Surabaya, Bagi Tugas dengan Prabowo

| 24 Nov 2023 19:00
Ini Alasan Gibran Absen Dialog Terbuka Muhammadiyah di UM Surabaya, Bagi Tugas dengan Prabowo
Gibran Rakabuming Raka (Antaranews)

ERA.id - Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, tidak menghadiri acara dialog terbuka yang digelar PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, pada Jumat (24/11/2023).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan alasan Gibran absen dialog terbuka Muhammadiyah. Untuk diketahui, acara tersebut mengundang pasangan calon Prabowo-Gibran, tapi yang hadir hanya Prabowo.

Alasan Gibran Absen Dialog Terbuka Muhammadiyah

Nusron Wahid mengatakan bahwa Gibran Rakabuming tidak bisa memenuhi undangan PP Muhammadiyah karena harus memenuhi undangan PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

Kedua acara digelar pada waktu yang sama. Dengan demikian, agenda bersama Muhammadiyah hanya dihadiri oleh Prabowo.

“NU dan Muhammadiyah adalah komponen penting dalam lanskap Islam rahmatan lil alamin di Indonesia, sehingga tidak mungkin dinafikan satu sama lain,” jelas Nusron, Jumat (24/11/2023).

Prabowo dalam dialog terbuka Muhammadiyah di UM Surabaya (antaranews)

NU dan Muhammadiyah punya nilai yang penting bagi bangsa Indonesia sehingga pasangan Prabowo-Gibran memutuskan untuk berbagi tugas dalam menghadiri acara keduanya.

“Oleh karena itu Prabowo dan Gibran berbagi tugas,” terangnya.

Nusron melanjutkan, pembagian tugas terpaksa dilakukan karena kedua acara itu punya nilai yang penting. Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang ingin kehadiran keduanya.  

“Mohon maaf kepada masyarakat yang ingin keduanya hadir bersamaan, tetapi bagi kami dua acara ini sama pentingnya dan pembagian tugas ini adalah jalan tengahnya,” jelas Nusron.

Sebelumnya, ketidakhadiran Gibran Rakabuming Raka dalam acara Dialog Publik disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. Hal tersebut diungkapkan pada Kamis (23/11/2023) malam melalui media sosial X.

"Saya mendapat informasi dari Mas Nusron Wahid. Mas @gibran_tweet tidak bisa menghadiri undangan Dialog Publik PP. Muhammadiyah dengan Capres-cawapres di @umsby, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00," tulis Abdul Mu'ti.

Dalam cuitan tersebut, dia menyayangkan ketidakhadiran Gibran. Dia juga mengatakan bahwa capres Prabowo Subianto hadir di acara dialog publik yang dilakukan di UM Surabaya itu.

"Dialog hanya akan dihadiri oleh Pak @prabowo. Sangat disayangkan," lanjutnya.

Itulah penjelasan dari alasan Gibran absen dialog terbuka Muhammadiyah. Untuk mendapatkan info menarik yang lain, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi