Ganjar Sebut Pemilih Pemula Lebih Tertarik Gimik Ketimbang Visi dan Misi

| 30 Nov 2023 14:15
Ganjar Sebut Pemilih Pemula Lebih Tertarik Gimik Ketimbang Visi dan Misi
Capres, Ganjar Pranowo. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyebut, kebanyakan pemilih pemula lebih menyukai gimik ketimbang substansi visi dan misi dari para kandidat calon presiden dan calon wakil presiden.

Hal itu disampaikan saat menghadiri dialog dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

"Kalangan pemilih, apalagi pemilih pemula itu enggak terlalu tertarik (visi misi paslon), yang tertarik lebih kepada gimik," kata Ganjar.

Sementara menurutnya, banyak pengamat dan peneliti menilai pangan capres-cawapres bisa memaparkan ide dan gagasan dari program kerja yang telah disusun.

"Padahal selalu para peneliti, para pemerhati mengatakan bagaimana demokrasi bisa berjalan secara substansi, tidak prosedural, dan kemudian para kandidat itu bisa menyampaikan apa yang menjadi ide, gagasan, kondisi dan solusi," kata Ganjar.

Dia mengaku khawatir apabila para calon pemimpin memiliki visi yang berbeda dengan konstitusi yang ada. Hal itu menurutnya mengancam kehidudapa bangsa kedepannya.

"Saya khawatir kalau setiap pemimpin baru, kemudian punya visi sendiri dan kemudian berbeda dengan konstitusi, bengkak bengkok," pungkasnya. 

Rekomendasi