Janjikan Pembangunan Kereta Api di Kalimantan Selatan, Anies Bakal Gandeng Eks Menhub Igansius Jonan

| 05 Dec 2023 21:45
Janjikan Pembangunan Kereta Api di Kalimantan Selatan, Anies Bakal Gandeng Eks Menhub Igansius Jonan
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat menyampaikan orasi kampanye di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan menjanjikan pembangunan kereta api di Kalimantan Selatan, terlebih di Banjarmasin dan Banjarbaru, apabila memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia bahkan mengatakan akan mengajak mantan menteri perhubungan Ignasius Jonan untuk membangun proyek kereta api di Kalimatan Selatan.

"Kalau kita nanti membangun rel kereta api, maka orang pertama yang akan kita libatkan adalah Pak Jonan," kata Anies dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, mantan Direktur Utama PT KAI itu adalah figur yang tepat untuk terlibat dalam pembangunan transportasi umum massal seperti kereta api di Banjarmasin. Terlebih Jonan memiliki rekam jejak yang bagus dalam memperbaiki kultur penumpang kereta api.

"Karena dia yang paling paham, dan memberi penilaian objektif. Beliau orang yang punya integritas, profesional, dan orang yang terbukti sukses melakukan transformasi perkeretaapian di Indonesia," kata Anies.

Adapun alasannya berniat membangun jalur kereta api di wilayah Banjarmasi dan Banjarbaru karena dua daerah itu membutuhkan kehadiran transportasi umum massal yang representatif.

"Ini (Banjarmasin-Banjarbaru) intensitas lalu lintasnya cukup tinggi, tapi kita tidak memiliki fasilitas transportasi umum. Jadi inilah salah satu kawasan yang perlu kita bangun jaringan rel kereta api," jelas Anies.

Dia juga berjanji pembangunan rel kereta api di Kalsel nanti bakal melibatkan sumber daya manusia (SDM) setempat.

"Jangan sampai pembangunan di Banjarmasin, Kalsel, tapi yang bekerja dari luar Kalsel," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Rekomendasi