Kalau Jokowi Bangun Jalan Tol, Anies Mau Perbanyak Jalur Kereta Api, Apa Manfaatnya?

| 09 Dec 2023 16:38
Kalau Jokowi Bangun Jalan Tol, Anies Mau Perbanyak Jalur Kereta Api, Apa Manfaatnya?
Anies Baswedan saat naik kereta pada Januari 2023 silam.

ERA.id - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyatakan jagoannya akan memperbanyak jalur kereta api (KA) jika terpilih memenangi Pilpres 2024, guna mendukung fasilitas transportasi murah.

"Justru dengan Pak Jokowi sudah membangun jalan tol yang cukup masif saat ini, rasanya perlu diimbangi dengan jalur kereta api," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz, di Jakarta, Jumat kemarin.

Menurut Usamah, dengan moda transportasi umum KA tersebut, biaya logistik dan penumpang akan semakin murah dan tepat waktu.

Transportasi berbasis rel, lanjutnya, tidak mengalami kendala macet, sehingga diharapkan pemerataan jalur KA tersebut bisa dirasakan bukan hanya di Pulau Jawa.

"Karena (kalau) bicara masalah logistik, kepastian keberangkatan, murahnya transportasi, (maka) itu bisa dijawab dengan kereta api," tuturnya.

Sebelumnya saat berkampanye di Lampung dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, capres Anies Baswedan berjanji akan membangun jalur KA.

Untuk di Banjarmasin, Anies menyatakan akan membangun jalur KA untuk menghubungkan Banjarmasin dan Banjarbaru.

Bahkan, dia sempat menyebutkan nama mantan direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan agar bisa membantu mewujudkan impiannya tersebut.

Sementara di Lampung, Anies menyatakan akan membangun dua jalur kereta supaya waktu tempuh perjalanan bisa semakin cepat.

Rekomendasi