Kaesang Jadi Ketum, Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PSI Melonjak 2,6 Persen

| 12 Dec 2023 11:45
Kaesang Jadi Ketum, Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PSI Melonjak 2,6 Persen
Ketum PSI, Kaesang Pangarep. (Antara)

ERA.id - Elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami kenaikan. Tentu saja, lonjakan itu dipengrahui adanya sosok putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang menajdi ketua umum partai tersebut. 

Dikutip dari hasil survei terbaru Litbang Kompas pada Selasa (12/12/2023), elektabilitas PSI mencapai 2,6 persen. Angka tersebut naik cukup tinggi dari hasil survei Agustus 2023 yang hanya sebesar 0,8 persen.

Elektabilitas PSI bahkan mengungguli Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang hanya memperoleh 2,4 persen.

Kenaikan elektabilitas PSI dipengaruhi salah satunya oleh latar belakang dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Diketahui, PSI bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sebelum resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo, PSI mengganti ketua umumnya dengan menunjuk Kaesang Pangarep, yang notabene adalah adik kandung Gibran.

Meski elektabilitasnya naik, PSI tetap masih berada di jajaran partai papan bawah.

Survei Litbang Kompas dilakukan secara tatap muka pada 29 November-4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia. Pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ini +/- 2,65 persen.

Rekomendasi