Tak Ada Persiapan Khusus Jelang Debat Cawapres, Mahfud MD: Wong Saya Pergi Terus

| 21 Dec 2023 06:35
Tak Ada Persiapan Khusus Jelang Debat Cawapres, Mahfud MD: Wong Saya Pergi Terus
Mahfud MD (Dok Istimewa)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD mengaku tak ada persiapan khusus jelang debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Jumat (22/12) mendatang.

Diketahui, debat kedua akan diikuti oleh tiga cawapres. Adapun tema debat yang dianggat adalah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

"Saya tidak merasa bahwa perdebatan itu harus dipersiapkan khusus, karena itu kan sangat luas masalahnya. Nanti persiapan siap (soal) ini, ternyata yang ditanyakan itu," kata Mahfud di Marunda, Jakarta Utara, Rabu (20/12/2023).

Dia juga mengaku belum pernah latihan untuk persiapan debat, hanya sebatas diskusi saja. Tim Pemenangan Nasional (TPN) juga sudah mempersipkan beberapa materi untuk dipelajari, salah satunya dari Deputi Politik 5.0 Andi Widjajanto.

Namun, Mahfud mengaku belum sempat membaca materi-materi yang diberikan. Sambil berkelakar, dia bilang tak ada waktu karena kerap bebepergian ke berbagai daerah.

"Saya belum pernah sampai sekarang latihan-latihan khusus, baru diskusi-diskusi saja, kan ada bahan, 'ini pak baca', bahannya segini (setumpuk) kapan bacanya?" ucapnya.

"Setiap orang memberi usul dengan (bahan) tebal segini kan saya tidak bisa baca, kapan bacanya? wong saya pergi terus," kata Mahfud.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bukan soal persiapan atau latihan yang diperlukan, tapi penguasaan soal isu-isu yang berkaitan dengan tema debat.

"Menurut saya debat itu adalah apa yang ada sekarang, yang dimiliki lalu diperdebatkan, dia menguasai atau tidak, gitu saja. Kalau persiapan khusus dengan bidang yang begitu luas itu saya kira menurut saya tidak perlu," pungkas Menko Polhukam itu.

Rekomendasi