Buntut Video Viral Mandi Beras, Pekerja Dipecat hingga Kepala Gudang Bulog Juga Diberi Sanksi dan Dimutasi

| 27 Dec 2023 21:34
Buntut Video Viral Mandi Beras, Pekerja Dipecat hingga Kepala Gudang Bulog Juga Diberi Sanksi dan Dimutasi
Buruh lepas mandi beras (Tangkapan layar)

ERA.id - Manajer Humas dan Kelembagaan Tomi Wijaya menegaskan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam video viral yang mempermainkan beras Bulog Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya utara, diberikan sanksi.

Tomi menyebut, selain dipecatnya pekerja buruh lepas yang ada di rekaman video tersebut. Pihaknya juga memberi sanksi terhadap kepala Gudang Bulog Banjar Kemantren 2.

"Kepala Gudang Banjar Kemantren 2 sudah diberikan Surat Peringatan (SP) dan dimutasi," kata Tomi, melalui keterangan rilisnya, Rabu (27/12/2023).

Tomi juga menyesalkan insiden yang terjadi di video tersebut. Sebagian kecil beras-beras impor yang karungnya sobek hasil pengangkutan dari kapal ke gudang yang seharusnya diangkut oleh buruh ke mesin Rice to Rice (RtR) malah dipermainkan oleh oknum buruh.

"Sudah jutaan ton beras impor tahun ini yang kita angkut dari Kapal menuju ke gudang-gudang Bulog yang artinya ada puluhan juta karung yang diangkut, dan hanya beberapa karung saja yang mengalami sobek dan bocor sehingga perlu dikumpulkan untuk diangkut kembali ke mesin pengolahan RtR," ungkapnya.

Ia kembali menegaskan bahwa Bulog telah memiliki standarisasi mutu dan quality control untuk menjaga proses dan kualitas beras.

"Atas kejadian ini Manajemen Bulog akan meningkatkan pengawasan di gudang guna mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar di media sosial video viral seorang pria sedang mandi beras di Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya utara. Dalam rekaman video salah satunya diunggah di akun X @BaseBDG tersebut terlihat pria sedang berbaring ditumpukan beras Bulog. kemudian salah satu pria yang berdiri memegang karung mengguyurkan beras ke tubuh pria tersebut.

Kepala Kantor Bulog Cabang Surabaya Utara Sugeng Hardono menyampaikan bahwa pihaknya telah menulusiri kejadian video mandi beras itu terjadi pada Selasa (19/12/2023) lalu. Dan buruh berisinial IS itu sudah tidak lagi bekerja di gudang Bulog Cabang Surabaya Utara.

“Kejadian itu memang sudah kami telusuri, bahwa bersangkutan itu adalah buruh harian lepas. Saat ini kita sudah tindaklanjuti tegasin bahawa buruh tersebut sudah tidak kerja lagi di sini,” kata Hardono.

Rekomendasi